Kamis, 2 Juli 2015

Aceh 10 Dapil

Rabu, 13 Maret 2013 12:23

BANDA ACEH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan sepuluh daerah pemilihan (dapil) untuk wilayah Aceh pada Pemilu 2014. Penetapan ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) KPU Nomor 93/Kpts/KPU/TAHUN 20 Tanggal 9 Maret 2013 ditandatangani Ketua KPU, Husni Kamil Manik.

Berdasarkan SK KPU itu, pada Pemilu 2014 Aceh mendapat jatah sepuluh dapil atau bertambah dua dapil dibanding Pemilu 2009 yang hanya delapan dapil.

Penambahan dapil tersebut karena pertambahan jumlah penduduk Aceh yang pada tahun ini mencapai 5.015.234 jiwa sesuai dengan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Pileg 2014 yang diterima KIP Aceh dari Pemerintah Provinsi pada bulan Februari lalu.

Penambahan penduduk juga berdampak pada terjadinya penambahan alokasi kursi DPR Aceh yang sebelumnya 69 menjadi 81 kursi sesuai dengan yang ditetapkan KPU.

Selain menetapkan dapil dan jumlah kursi anggota DPR Aceh, SK KPU yang juga dilansir dalam situs resmi KPU www.kpu.go.id menetapkan alokasi kursi dan dua dapil untuk anggota DPR RI Provinsi Aceh yakni Dapil I meliputi; Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Gayo Lues, Abdya, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Subulussalam, Aceh Singkil, dan Simeuleu. Sedangkan Dapil II meliputi; Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Timur, Langsa, dan Aceh Tamiang.

Pada Pemilu 2014, jumlah kursi dan wilayah dapil untuk anggota DPR RI tidak mengalami perubahan. Untuk Dapil I (Aceh I) tujuh kursi dan Dapil II (Aceh II) enam kursi dengan total seluruhnya 13 kursi. Dalam SK KPU juga ditetapkan jumlah kursi dan dapil untuk pemilihan anggota DPRK seluruh Aceh per kabupaten/kota.

Wakil Ketua KIP Aceh, Ilham Saputra kepada Serambi di Banda Aceh, Selasa (12/3) mengatakan setelah ditetapkannya dapil untuk Aceh pihaknya meminta agar partai politik peserta Pemilu 2014 di Aceh segera mempersiapkan susunan calon anggota legislatif (caleg) untuk diajukan ke KIP.

Halaman1234
Editor: bakri
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas