• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Dewantara, Pemilih Terbanyak di Aceh Utara

Sabtu, 6 April 2013 15:36 WIB
LHOKSUKON - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara menyatakan, Aceh Utara dibagi dalam enam daerah pemilihan (dapil) pada Pemilu legislatif 2014. Jumlah kursi terbanyak, yaitu 9 kursi anggota DPRK berada pada dapil 1 dan dapil 6. Sementara Kecamatan Dewantara dipastikan sebagai daerah paling banyak pemilih.

Ketua Pokja Pencalonan KIP Aceh Utara, Ayi Jufridar mengatakan, hingga kemarin pihaknya belum memiliki daftar pemilih sementara untuk Pemilu 2014. Namun, berdasarkan data Pilpres 2009, jumlah pemilih terbesar berada di Kecamatan Dewantara sebanyak 32.201 pemilih. Disusul Lhoksukon 28.338 pemilih, dan Tanah Jambo Aye 29.112 pemilih.

“Pada Pemilu 2014 pasti tiga kecamatan itu terbanyak jumlah pemilih. Karena, tiga kecamatan itu penduduk terbanyak di Aceh Utara,” kata Ayi Jufridar kepada Serambi, Jumat (5/4).

Ayi juga mengingatkan bahwa pendaftaran caleg dari parpol ke KIP berlangsung sejak tanggal 9 hingga 22 April mendatang. “Jumlah kursi DPRK untuk Pemilu 2014 tetap 45 kursi. Sementara daerah pemilihan dibagi dalam enam dapil,” kata dia. (Lihat, dapil dan jumlah kursi)

Ditambahkan, untuk menentukan jumlah suara yang harus diperoleh caleg untuk satu kursi, digunakan formulasi jumlah suara sah dibagi dengan jumlah kursi pada daerah pemilihan. “Sebut saja misalnya semua pemilih mencoblos dan semua surat suara sah, jika kita gunakan data Pilpres 2009, contoh Dapil Aceh Utara 1 jumlah pemilih sebanyak 27.288 dibagi sembilan kursi, maka satu kursi DPRK wajib mendapatkan 3.032 suara sah,” terang Ayi Jufridar.(c46)

dapil dan jumlah kursi

o       DP 1 terdiri Kecamatan Sawang, Muara Batu dan Kecamatan Dewantara sebanyak 9 kursi
o       DP 2 terdriri dari Kecamatan Nisam, Banda Baro, Nisam Antara, Kuta Makmur, Simpang Keuramat, Syamtalira Bayu, dan Geureudong Pase sebanyak8 kursi
o       DP 3 terdiri dari Kecamatan Samudera, Meurah Mulia, Syamtalira Aron, Tanah Pasir dan Lapang sebanyak 6 kursi
o       DP 4 terdiri dari Kecamatan Nibong, Tanah Luas, Matangkuli, Pirak Timu dan Paya Bakong sebanyak 6 kursi
o       DP 5 terdiri dari Kecamatan Lhoksukon, Cot Girek, dan Paya Bakong sebanyak 7 kursi
o       DP 6 terdiri dari Kecamatan Baktiya, Baktiya Barat, Seunuddon, dan Tanah Jambo Aye sebanyak 9 kursi
Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
174734 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas