• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Tes Baca Alquran tak Boleh by Phone

Selasa, 9 April 2013 14:53 WIB
BANDA ACEH - Pihak Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyatakan tidak akan melayani uji kemampuan membaca Alquran melalui telepon. Caleg wajib hadir berhadapan dengan hakim dan masyarakat yang menyaksikan uji baca Alquran.

“Pada pencalonan (caleg) kali ini, uji baca Alquran tidak dibenarkan melalui telepon atau jarak jauh, dengan alasan apapun,” kata Ketua Kelompok Kerja Uji Baca Alquran KIP Aceh, Tgk Akmal Abzal kepada Serambi Senin (8/4).

Ia juga menegaskan, uji kemampuan membaca Alquran berlangsung secara terbuka dan dapat ditonton oleh publik. Sehingga publik dapat mengetahui kelulusan seorang caleg tersebut bukan karena ada kecurangan antara caleg dengan juri atau anggota KIP Aceh.

Dalam Keputusan KIP Aceh No 03 tahun 2013 tentang Petunjuk Teknis Uji Mampu Baca Alquran Bakal Calon Anggota DPRA dan DPRK juga diatur sistem penilaian. “Setiap caleg harus dapat menguasai tajwid, fashahah, dan lagu dengan kriteria yang dinilai,” kata dia.

Ditegaskan juga, uji mampu baca Alquran bukan hanya diberlakukan pada caleg partai lokal, namun juga menjadi kewajiban bagi caleg partai nasional sehingga tidak ada perlakuan yang pilih kasih di antara para caleg.

Sementara hasil penilaian baca Alquran dilakukan oleh tim uji dan bersifat final sehingga tidak bisa di ganggu gugat. Sedangkan surat dan ayat yang dibaca akan ditentukan oleh juri pada saat uji tersebut dilaksanakan. “Waktu dan tempat akan kami informasikan selanjutnya,” tambah Tgk Akmal.

Tim penguji baca Alquran terdiri dari tenaga profesional, yaitu unsur LPTQ, MPU, Depag atau qari-qari terbaik di Provinsi Aceh. Tim tersebut juga akan di SK-kan oleh KIP Aceh untuk legal formal pada saat pelaksanaan tes baca Alquran. “Untuk itu kita berharap peran aktif partai untuk selektif mengusung caleg-caleg yang telah lulus pada tes internal demi kelancaran partai dalam memenuhi caleg setiap dapil yang diusung,” demikian Akmal Abzal.(m)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
175843 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas