Kamis, 18 Desember 2014
Serambi Indonesia

Apresiasi Fatwa MPU Aceh tentang Korupsi

Rabu, 10 April 2013 08:37 WIB

SAYA memberi apresiasi terhadap Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh atas fatwanya tentang korupsi (Serambi, 6/4/2013). Ini merupakan fakta bahwa MPU Aceh telah berusaha menunjukkan eksistensi, fungsi dan wewenangnya sesuai amanah UUPA. Selain berbicara dan menentukan sikap dalam bentuk fatwa berkaitan dengan hal ihwal ibadah mahdhah sebagaimana yang kerap ditampilkan kepada khalayak selama ini, juga fatwa tentang korupsi tersebut.

Juga bukan mengada-ada apabila MPU dengan berpedoman pada ketentuan syariat Islam dan/atau konstitusi negara ikut berbicara dan mengeluarkan fatwa berkenaan dengan bendera dan lambang Aceh yang dalam beberapa hari terakhir muncul kontroversi dalam masyarakat. Untuk ini sudah muncul permintaan dari berbagai pihak, niscaya MPU ikut bersuara dan bersikap.

Mengacu pada eksistensi, fungsi dan wewenang sebagaimana ketentuan dan amanah konstitusi tersebut, maka MPU sudah pada maqamnya lebih mempertegas tugas dan fungsinya kepada khalayak, termasuk berkaitan dengan bendera dan lambang Aceh yang menimbulkan kontroversi horizontal di satu pihak dan vertikal di pihak lain. Saya yakin rakyat di seluruh Aceh mengharap dan menanti suara dan sikap MPU.

Ghazali Abbas Adan
Email: ghazali.adan@gmail.com
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas