• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Ribuan Warga Aceh Besar Hadiri Maulid Akbar

Kamis, 11 April 2013 14:36 WIB
* Bupati Mukhlis Basyah Santuni 22 Yatim

JANTHO - Ribuan warga Kabupaten Aceh Besar bersama pegawai pemerintahan, Muspida, tokoh masyarakat dan undangan lainnya, larut dalam peringatan Maulid Akbar yang digelar Rabu (10/4) di Kota Jantho. Sejak pukul 08.00 WIB, rombongan warga dari 23 kecamatan tampak memadati kompleks Kantor Bupati yang menjadi pusat pelaksanaan maulid, hingga berlangsungnya kenduri maulid pukul 10.30 WIB.

Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah, dalam kesempatan itu juga menyerahkan santunan untuk 22 anak yatim yang dipusatkan di Kantor Satpol PP dan WH Aceh Besar. Sementara, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM menambahkan, untuk memeriahkan kegiatan itu, juga ditampilkan grup zikir maulid dari Gampong Babah Ie, Lamno, Kabupaten Aceh Jaya.

Dalam sambutannya, Bupati Mukhlis Basyah berharap, peringatan maulid yang diperingati umat Islam setiap tahunnya, dapat memberikan perubahan dalam segala aspek kehidupan manusia, khususnya terkait perbaikan akhlak manusia.

Bupati mengungkapkan, seperti dijelaskan dalam hadist, Rasulullah SAW diutus ke dunia ini untuk memperbaiki akhlak manusia. Masalah akhlak merupakan sesuatu yang aktual sepanjang masa. Akhlak merupakan suatu pencerminan sikap batin seseorang yang terwujud dalam pola sikap dan perilaku sehari-hari, itu semua tidak mungkin bisa tumbuh begitu saja, tapi memerlukan suatu proses, tuntunan, pendekatan dan pendidikan, terutama pendidikan Agama.

“Karena itu, kami mengharapkan kepada segenap lapisan masyarakat Aceh Besar untuk mengutamakan pendidikan agama kepada anak-anak kita. Karena kalau tidak dengan pendekatan agama, mustahil akan melahirkan generasi-generasi yang islami di masa yang akan datang. Karena manusia yang memahami agama akan terhindar dari keangkuhan dan kesombongan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, atas dasar itu pula Pemkab Aceh Besar melakukan penguatan pembangunan di bidang keagamaan melalui pengaktifan pengajian ba’da magrib, sebagai program kerja yang dituangkan dalam visi-misi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

“Alhamdulillah program ini sudah mulai berjalan. Untuk itulah, diharapkan peran aktif dan kontribusi semua pihak, terutama peran orang tua dan masyarakat agar program ini dapat berjalan di seluruh gampong yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Dan ke depan tidak ada lagi anak-anak di Aceh Besar yang tidak bisa membaca Alquran, dan dapat memahami pengetahuan agama secara baik,” ujar Mukhlis Basyah.

Peringatan Maulid Akbar itu dilanjutkan pada malam hari, dengan ceramah agama oleh Tgk Yusri Puteh di Masjid Agung Al-Munawwarah Kota Jantho. Dalam ceramahnya, Tgk Yusri Puteh juga menguraikan sejarah dan pola dakwah islamiyah yang sejak awal diperjuangkan Rasulullah SAW bersama para sahabatnya. Ia pun mengajak seluruh umat Islam agar senantiasa menjadikan Rasulullah sebagai panutan dan teladan dalam aktivitas kehidupan guna menggapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.(yat)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
176473 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas