Senin, 25 Mei 2015

Parpol Komit Penuhi Kuota Perempuan

Jumat, 12 April 2013 10:14

Juru Bicara Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasional Aceh (DPP PNA), Thamren Ananda mengatakan kepada Serambi, Kamis (11/4), partainya mampu memenuhi 30 persen caleg perempuan, sebagaimana amaran Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pencalonan Anggota DPR/DPRD/DPRK pada Pemilu 2014.

“Alhamdulillah, PNA dapat memenuhi kuota malah 35 sampai 40 persen keterwakilan perempuan,” ujarnya.  Bagi PNA, kata Thamren, penyaringan bakal caleg dilakukan secara selektif dan independen berdasarkan bobot kapasitas, kualitas, loyalitas, dan public speaking (kemampuan bakal caleg tersebut berbicara di depan umum).

Thamren menambahkan, para aktivis perempuan Aceh yang awalnya menyuarakan ke DPR RI untuk memberi kesempatan bagi perempuan ikut pencalegan, tapi sampai saat ini belum ada yang mencalonkan diri jadi caleg. “Tapi bagi PNA itu tidak masalah,” tukas Thamren.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Aceh, Moharriadi Syafari menebutkan, PKS mampu memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan pada Pemilu 2014. Mereka berasal dari kader partai atau tokoh masyarakat yang sudah dikenal luas di wilayahnya. “Jika kadernya belum terlalu dikenal masyarakat, maka masih ada waktu baginya setahun ini melakukan sosialisasi diri kepada masyarakat,” tambahnya.

Sejumlah pengurus parpol lainnya yang dihubungi Serambi secara terpisah menyebutkan bahwa partainya bisa memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan di setiap daerah pemilihan (dapil). Pengakuan itu datang dari Sekjen Partai Aceh Mukhlis Basyah, Ketua Dewan Pembina Partai NasDem Aceh Drs HT Pribadi, Sekretaris DPD Gerindra Ir H Maulisman Hanafiah, Wakil Ketua DPW PPP Aceh Edward M Nur, dan Ketua DPD PDI Perjuangan H Karimun Usman.

“Caleg perempuan di partai kami kali ini mencapai 42 persen, sehingga keterwakilan perempuan bukan saja sudah terpenuhi tapi bahkan melebihi dari ketentuan undang-undang,” ucap Karimun Usman.

Ketua DPD I Partai Golongan Karya (Golkar) Aceh, Drs Sulaiman Abda MSi mengatakan, partainya telah selesai menyusun daftar caleg dalam Pemilu 2014 yang akan didaftarkan ke KPU untuk calon anggota DPR RI, atau ke KIP Aceh dan KIP kabupaten/kota untuk calon anggota DPRA dan DPRK. “Kita patuhi aturan, setiap tiga orang caleg, harus ada satu caleg perempuan,” kata Sulaiman Abda.

Halaman12
Editor: bakri
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas