A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Rp 9 M Dana Sertifikasi Mengendap di Kasda - Serambi Indonesia
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Serambi Indonesia

Rp 9 M Dana Sertifikasi Mengendap di Kasda

Minggu, 14 April 2013 11:02 WIB
* Disdik Abdya belum Kirim SPM ke DPKKK

BLANGPIDIE - Kendati dana tunjangan sertifikasi guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah dua pekan lebih ditransfer pemerintah pusat, namun hingga kini belum ada kejelasan kapan hak guru itu dicairkan. Masalahnya, pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupeten Aceh Barat Daya (Abdya) belum mengajukan Surat Perintah Membayar (SPM) ke Dinas  Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Kabupaten (DPKKK) setempat.

Sementara Kadisdik Abdya mengaku belum mengajukan SPM ke DPKKK karena belum adanya petunjuk dari pusat tentang proses pembayarannya. Baik untuk pelunasan kekurangan dua bulan untuk triwulan keempat tahun anggaran 2012 (November-Desember), maupun pembayaran untuk triwulan pertama tahun  anggaran 2013.

Sekretaris Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Abdya, Drs Wardana, kepada Serambi, Sabtu (13/4) kembali mempertanyakan dana tunjangan sertifikasi guru selama lima bulan yang belum dibayar. Masing-masing jatah dua bulan tahun 2012 (November-Desember), dan tiga bulan pertama tahun 2013 (Januari-Maret).

Padahal, sesuai aturan hak para guru untuk bulan November–Desember 2012 seharusnya sudah tuntas dibayar tahun 2012 lalu. Demikian juga halnya dana sertifikasi triwulan pertama 2013 (Januari-Maret) yang hingga April belum dicairkan.

Bukan hanya 685 yang sudah menerima sebelumnya, namun tunjangan profesi guru yang baru lulus sertifkasi tahun 2012 sekitar 100 orang lebih juga belum ada kejelasan kapan dibayar. Sementara dana tunjangan sertifikasi ratusan guru yang ditransfer pemerintah pusat untuk triwulan pertama tahun 2013 itu sudah masuk ke rekening daerah itu 28 April 2013 lalu. “Dana sertifikasi sudah masuk ke rekening daerah, tapi kenapa hingga kini hak guru itu belum juga dicairkan,” katanya.

Kepala Dinas DPKKK Abdya, T Iskandar SE yang dihubungi terpisah, membenarkan dana tunjangan sertifikasi guru sudah masuk ke rekening daerah 28 April 2013 lalu sebesar Rp 8.282.418.000. Ditambah dengan sisa tahun lalu sebesar Rp 723.106.400, maka total dana sertifikasi di kas daerah kini berjumlah Rp 9.005.524.400.

Sehubungan dengan itu pula pihaknya mengirimkan surat pemberitahuan  ke Disdik, sekaligus meminta untuk segera memasukkan surat perintah membayar (SPM) ke DPKKK. Namun hingga kini Disdik belum juga memasukan SPM ke DPKKK. “Kita sudah kirimkan surat ke Disdik untuk segera memasukan SPM dana sertifikasi dan non sertifikasi, namun hingga kini Disdik belum juga mengirimkan SPM ke DPKKK,” katanya.

Belum Ada Petunjuk
KEPALA Dinas Pendidikan (Kadisdik) Abdya, Drs Yusnaidi yang ditanyai Serambi mengakui hingga kini pihaknya belum mengirimkan SPM ke DPKKK untuk pencairan dana sertifikasi tersebut, karena belum adanya petunjuk dari pusat tentang proses pembayarannya. Baik untuk pelunasan kekurangan dua bulan triwulan keempat tahun anggaran 2012 (November-Desember), maupun pembayaran untuk triwulan pertama tahun  anggaran 2013.

Demikian juga halnya dengan tunjangan profesi untuk  guru kelulusan sertifikasi tahun 2012 yang telah berhak menerima juga belum bisa dibayar, karena dari seratusan yang lulus, hanya sebagian kecil yang masuk sebagai penerima sertifikasi, ” Benar dana sertifikasi guru sudah masuk ke rekening daerah. Tapi belum bisa dibayar, karena belum ada petunjuk dari pusat tentang proses pembayarannya. Kepada guru penerima sertifikasi diminta supaya bersabar,” harapnya.(az)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
177984 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas