• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Serambi Indonesia

1.200 Caleg Siap Tarung

Selasa, 23 April 2013 11:26 WIB
* 23 April-6 Mei Verifikasi Lanjut oleh KIP

BANDA ACEH - Sebanyak 1.200 lebih bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari 15 partai politik nasional dan lokal resmi mendaftar ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh. Para bacaleg ini akan bertarung memperebutkan 81 kursi di DPRA pada Pemilu Legislatif 2014.

Sampai hari terakhir pendaftaran, Senin 22 April 2013, seluruh partai politik peserta pemilu di Aceh sudah menyerahkan berkas bacaleg ke KIP Aceh. Pendaftaran bacaleg parpol terbanyak terjadi pada hari terakhir, mencapai 10 parpol. Parpol yang mendaftarkan calegnya menjelang ‘deadline’ masing-masing Gerindra, Golkar, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Aceh, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Damai Aceh (PDA), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Nasional Aceh (PNA).

Pantauan Serambi, menjelang penutupan pendaftaran pada pukul 16.00 WIB, beberapa partai politik terus berdatangan secara bersamaan untuk menyerahkan berkas caleg hingga membuat suasana di lantai II Sekretariat KIP Aceh, tampak padat. Sementara lima partai politik lainnya sudah lebih dulu mendaftarkan bakal calegnya beberapa hari sebelum jadwal pedaftaran ditutup, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hanura, dan Demokrat.

Ketua Kelompok Kerja Pencalonan Anggota DPRA, Yarwin Adi Dharma SPt kepada wartawan mengatakan, semua parpol peserta pemilu telah menyerahkan berkas bakal caleg sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Sampai pukul 15.40 WIB semua partai politik sudah mendaftar. Bahkan ada partai yang datang secara bersamaan seperti Nasdem, PKPI dan PNA. Semuanya diterima tim Sekretariat KIP. Kita perkirakan ada 1.200 bakal calon yang sudah mendaftar dari 15 partai politik,” kata Yarwin.

Menurut Yarwin, semua berkas bakal caleg dari parpol akan diverifikasi lebih lanjut oleh tim yang sudah dibentuk KIP dimulai pada 23 April sampai 6 Mei. Yarwin juga mengingatkan para bakal caleg yang sudah mendaftar tidak melakukan hal-hal yang dapat membuat pencalonannya dibatalkan. Seperti memalsukan syarat administrasi, termasuk ijazah yang dikeluarkan dayah dan pesantren. “Kita sudah mendapat kiriman daftar 179 dayah dan pesantren dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh sebagai institusi pendidikan yang berhak mengeluarkan ijazah,” ujarnya.

Menurut Yarwin pada Pasal 298 UU Nomor 8 Tahun 2012 disebutkan sanksi bagi bakal caleg yang memalsukan ijazah dipidana dengan pidana penjara enam tahun dan denda paling banyak Rp 72 juta.

Prosesi pendaftaran bakal caleg di hari terakhir kemarin tampak berbeda dari biasanya. Hampir semua fungsionaris partai, baik ketua, sekretaris maupun jajaran pengurus tertinggi partai ikut hadir menyerahkan berkas.

Seperti Partai Golkar, berkas langsung diserahkan Ketua DPD I Golkar Aceh Sulaiman Abda, PDA diserahkan Ketua Umum Tgk Muhibussabri, PNA diserahkan Ketua Umum-nya Irwansyah (Muksalmina), Gerindra diserahkan Ketua DPD TA Khalid, PPP oleh Ketua DPW Tgk H Moh Faisal Amin, PKPI oleh Ketua DPP Indra Azmi, Partai Aceh diserahkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Aceh, Muzakir Manaf, Nasdem diserahkan Ketua DPW Zaini Djalil, dan PBB oleh Ketua Umum-nya, Erly Hasyim.(sar)

Ketika Perempuan Semakin Terangkat

SEMUA parpol peserta Pemilu Legislatif 2014 sudah selesai menyerahkan bakal caleg kepada KIP Aceh untuk dilakukan proses lebih lanjut. Pihak KIP secara khusus mengapresiasi semua parpol telah memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan dalam daftar bakal caleg yang mereka ajukan.

“Ada beberapa partai yang memberi porsi lebih baik untuk perempuan seperti menempatkan mereka di nomor urut satu. Ini bentuk apresiasi parpol terhadap Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pencalonan Anggota DPR/DPRD/DPRK,” kata Ketua Kelompok Kerja Pencalonan Anggota DPRA, Yarwin Adi Dharma SPt kepada wartawan.

Beberapa pengurus parpol yang ditemui Serambi mengaku ada yang menyerahkan daftar bakal caleg melebihi 100 persen. Seperti diungkapkan Ketua Umum DPP Partai Nasional Aceh (PNA) Irwansyah. Pihaknya menyerahkan bakal caleg PNA sebanyak 120 persen di 10 daerah pemilihan (dapil), sebanyak 39 orang di antaranya perempuan.

Sekjen Partai Aceh (PA), Muklis Basyah menyebutkan pihaknya juga mengajukan daftar bacaleg 120 persen atau 94 bakal caleg di 10 dapil. Sebanyak 30 orang di antaranya perempuan.

Sementara Ketua DPW PPP, Tgk H Moh Faisal Amin menyebutkan, PPP menyerahkan 81 bakal caleg (100 persen) dengan 30 persen keterwakilan perempuan. Hal yang sama juga dilakukan Nasdem. Ketua DPW Partai NasDem, Zaini Djalil menyebutkan pihaknya menyerahkan bakal caleg sebanyak 81 orang (100 persen). Sebanyak 48 di antaranya perempuan. “Ada perempuan yang kita tempatkan di nomor urut satu, ini sebagai bentuk kepedulian Nasdem yang sangat terbuka untuk semua caleg perempuan,” jelasnya.

Sedangkan PKPI mendaftarkan bakal calegnya 100 persen (81 orang) dengan 45 persen keterwakilan perempuan. “Kita komit untuk menempatkan perempuan dalam jumlah yang lebih besar. Tinggal saja sekarang bagaiman disikapi oleh kaum perempuan itu sendiri,” kata Sekretaris PKPI Aceh, Hendri Agung. (sar/sr)

Ini Dia Bacaleg Nomor 1 dari Aceh

SELURUH atau 15 partai politik peserta Pemilu 2014 (12 parnas dan 3 parlok) telah menyerahkan berkas bakal calon anggota legislatif (caleg) yang akan diusung dalam Pemilu 2014. Jumlah bakal calon yang diusung mencapai ribuan orang, baik untuk DPR RI, DPR Aceh, dan DPRK di 23 kabupaten/kota.
Tentu banyak tokoh dalam daftar calon sementara (DCS) atau daftar bacaleg yang diusung parpol. Namun karena keterbatasan halaman, kami hanya menurunkan nama-nama yang ditempatkan di nomor urut 1.
Khusus untuk partai politik berbasis nasional, kami hanya menurunkan daftar nama bakal caleg yang diplot di nomor urut 1 untuk DPR RI, baik dari Dapil 1 maupun Dapil 2. Sementara untuk partai berbasis lokal, kami menurunkan daftar bakal caleg nomor urut 1 di setiap daerah pemilihan (dapil) yang berjumlah 10 dapil. Sebagai catatan, nomor urut bakal caleg ini hanya bersifat sementara dan bisa saja berubah selama proses seleksi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisi Independen Pemilihan (KIP). Berikut nama-nama bakal caleg nomor urut 1 yang kami dapatkan dari pengurus masing-masing partai politik.(nal/her/swa/sup)

BACALEG NOMOR URUT 1
PARNAS UNTUK DPR RI

1. Partai Nasdem:
Dapil 1: Prof Bachtiar Aly
Dapil 2: Zulfan Lindan

2. PKB
Dapil 1: Irmawan SSos
Dapil 2: H Muhammad Wali Al-Khalidi (Waled Tanoh Mirah)

3. PKS
Dapil 1: Nasir Jamil
Dapil 2: Raihan Iskandar

4. PDIP
Dapil 1: Asfili Ishak
Dapil 2: Karimun Usman

5. Partai Golkar
Dapil 1: Sayed Fuad Zakarya
Dapil 2: Kaharudinsyah

6. Partai Gerindra
Dapil 1: Zainal Sabri
Dapil 2: Ismail Berdan

7. Partai Demokrat
Dapil 1: T Riefky Harsya
Dapil 2: Muslim

8. PAN
Dapil 1: Said Mustafa Usab
Dapil 2: Fery Soraya

9. PPP
Dapil 1: Tgk H Mohd Faisal Amin
Dapil 2: H Anwar Idris atau Murhaban Makam

10. Partai Hanura
Dapil 1: Syafruddin Budiman
Dapil 2: Mukhlis Mukhtar

14. PBB
Dapil 1: Zulmahdi Hasan
Dapil 2: Mawardi Abdullah

15. PKPI
Dapil 1: Fauzi Zainal Abidin Tiro
Dapil 2: Tgk Muda Yusuf  

BACALEG NOMOR URUT 1
PARLOK UNTUK DPR ACEH

11. Partai Damai Aceh:
Dapil 1: Tgk Muhibussabri A Wahab
Dapil 2: M Tahir
Dapil 3: Tgk M Adam
Dapil 4: Husaini S Sy
Dapil 5: Syamsuddin atau Ayah Panton
Dapil 6: Khaidir Rizal, S PdI
Dapil 7: Jamaluddin SPdI MA
Dapil 8: Tgk Sahidul Akram Al Hafidz
Dapil 9: Teungku Razuan  
Dapil 10: Masrizal SE MSi

12. Partai Nasional Aceh (PNA):
Dapil 1: Irwansyah
Dapil 2: Falevi Kirani
Dapil 3: Samsul Bahri bin Amiren
Dapil 4: Ramdana
Dapil 5: Amni Ahmad Marzuki
Dapil 6: Abdurrani
Dapil 7: Tgk Sufi
Dapil 8: Mujurwati
Dapil 9: Amran
Dapil 10: Saiku Ibas

13. Partai Aceh (PA):
Dapil 1: Achyar A Rasyid
Dapil 2: Hj Darmawati SE
Dapil 3: Siti Zulaikha
Dapil 4: Ilham Ilyas  
Dapil 5: Abubakar A Latief
Dapil 6: Ridwan A Bakar
Dapil 7: Nurzahri
Dapil 8: Ir HT Syarifuddin
Dapil 9: Tgk Khalidi
Dapil 10: Dra Hj Mariati MSi
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
182113 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas