• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Serambi Indonesia

19 Bacaleg Banda Aceh tak Ikut Tes Mengaji

Kamis, 2 Mei 2013 12:16 WIB
BANDA ACEH - Sebanyak 19 orang dari 1.622 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRK Banda Aceh yang diajukan enam partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 dilaporkan tidak ikut uji baca Alquran pada Selasa (31/4) dan Rabu (1/5) di SMPN 1 Banda Aceh.

Keenam parpol itu adalah NasDem, PKB, PDIP, Gerindra, Demokrat, dan PAN. Sedangkan bacaleg perwakilan PKS dan Golkar hadir semua untuk mengikuti ujian tersebut.  

Informasi dihimpun Serambi, di hari pertama sebanyak 13 bacaleg absen tanpa konfirmasi. sedangkan di hari kedua bacaleg yang tidak ikut tes mengaji berjumlah 6 orang. “Aturannya sama dengan uji mampu baca Alquran yang dijalankan KIP Aceh. Yang tak hadir tanpa alasan yang jelas, dinyatakan gugur,” kata Ketua Pokja Pencalonan KIP Banda Aceh, Azhari Amin, kemarin.

Bacaleg tak hadir, sebutnya, dari Partai NasDem tiga orang (tanpa konfirmasi), PKB delapan orang (tanpa konfirmasi), PDI-P dua orang (tanpa konfirmasi), Gerindra satu orang (tanpa konfirmasi), Partai Demokrat satu orang (sakit), dan PAN empat orang yang juga tanpa konfirmasi.

Sedangkan jadwal tes mengaji, tambahnya, yaitu 30 April untuk bacaleg NasDem, PKB, PKS, PDIP, 1 Mei 2012 untuk bacaleg Golkar, Gerindra, Demokrat, dan PAN, 2 Mei untuk PPP, Hanura, PDA, dan PNA, serta 3 Mei 2013 untuk bacaleg PA, PBB, dan PKPI.

Nama-nama bacaleg dari seluruh parpol (15 parpol) yang dinyatakan gagal uji mampu baca Alquran tersebut, menurutnya, baru bisa diketahui setelah pelaksanaan tes selama empat hari tersebut berakhir.

Dari Lhokseumawe diperoleh informasi, 21 bacaleg Perempuan yang tidak bisa mengikuti uji baca Qur’an karena sedang berhalangan (datang bulan dan nifas) di Masjid Agung Islamic Center, Rabu (1/5) harus mengikuti uji baca doa dan sejumlah hadist di Kantor KIP Lhokseumawe.

“Pembacaan doa pun dilakukan di atas kertas yang ditulis dewan juri, bukan di Quran. Doa-doa yang diuji, merupakan doa yang hasil telaah dari dewan juri yang bisa dibacakan oleh wanita yang sedang datang bulan atau nifas,” ujar Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Ridwan Hadi.

Sementara di Bireuen, KIP setempat, 1-2 Mei 2013 melaksanakan uji baca Quran bagi bacaleg setempat di Masjid Agung Bireuen. Jumlah bacaleg yang akan mengikuti tes itu sebanyak 517 orang. “Pada hari pertama, jumlah bacaleg yang ikut tes baca Quran sebanyak 299 orang orang. Sedangkan pada hari kedua, bacaleg yang ikut tes baca Quran sebanyak 218 orang,” ujar Ketua KIP Bireuen, Mukhtaruddin SH MH, kemarin.

Menurutnya, bacaleg yang ikut tes baca Quran pada hari pertama berasal dari NasDem, Golkar, PDI-P, PAN, PKS, Demokrat, PKB, dan Partai Gerindra. “Sedangkan pada hari kedua, bacaleg yang tes baca Quran berasal dari PPP, Hanura, PDA, PNA, PA, PBB, dan PKPI,” rincinya.(sr/bah/yus)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
186094 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas