Kamis, 25 Desember 2014
Serambi Indonesia

Realisasi APBA belum Capai Target

Jumat, 3 Mei 2013 11:16 WIB

BANDA ACEH - Daya serap APBA sampai 30 April 2013 baru sebesar 7 persen atau senilai Rp 824 miliar dari pagunya Rp 11,779 triliun. Kondisi ini menunjukkan bahwa realisasi keuangan APBA itu belum mencapai target bulan April sebesar 10 persen, seperti yang telah disepakati Kepala SKPA dengan Gubernur pada bulan lalu.

Menurut Ketua Tim Percapatan dan Pengendalian Kegiatan (P2K) APBA Setda Aceh, dr Taqwallah, realisasi yang dicapai itu tidak hanya dibawah target bulan April 2013, tetapi juga masih di bawah realisasi keuangan APBA 2012 periode yang sama, yang sebesar 11 persen.

“Pak Gubernur saat mendengar laporan daya serap keuangan APBA sangat tidak puas, dan memerintahkan kami untuk segera mengundang seluruh Kepala SKPA untuk dimintai keterangannya pada Kamis (2/5) malam ini, pukul 09.00 WIB, di ruang rapat Tim P2K,” katanya kepada Serambi kemarin.  

Kepala Bappeda Aceh, Prof Dr Abubakar Karim MS mengatakan, tidak tercapainya target realisasi APBA itu disebabkan beberapa faktor. Salah satunya, masih sangat sedikit rekanan yang mencairkan uang muka pekerjaan proyek.

“Karena banyak rekanan yang belum mengajukan surat jaminan UMK kepada PPTK dan KPA, sehingga surat pencairan uang muka kerja belum bisa diterbitkan,” jelasnya.

Kadis Perhubungan Komunikasi Informasi dan Telematika (Kadishubkomintel) Aceh, Prof Dr Husaini MSc mengatakan, dari 45 paket proyek, baru 18 perusahaan yang sudah mengambil uang muka kerja, dan 6 perusahaan sedang mengurus uang jaminan di bank.

Keluhan yang hampir serupa juga dilontarkan Kadis Pengairan Aceh, Ir Anwar Ishak. Dari 32 paket proyek yang sudah dikontrakkan, baru dua perusahaan yang mengambil uang muka.

Padahal menurut Abubakar Karim dan Taqwallah, jika seluruh kontraktor yang telah menandatangani kontrak kerja paket proyek mencairkan uang muka kerja, maka daya serap keuangan APBA 2013 pada April 2013 bisa mencapai di atas 10 persen.(her)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas