A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Aparat Desa Jual Traktor Bantuan - Serambi Indonesia
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 29 Juli 2014
Serambi Indonesia

Aparat Desa Jual Traktor Bantuan

Sabtu, 4 Mei 2013 11:48 WIB

* Kelompok Tani Kecewa
 
MEUREUDU - Satu unit hand tractor (tarkator tangan) bantuan pemerintah pusat yang disalurkan melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Pidie Jaya awal Januari 2013 lalu untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Makmur, Desa Baro Nyong, Kecamatan Bandarbaru, kini telah dijual oleh warga setempat. Disebut-sebut, alasan barang inventaris kelompok tani itu dijual  dengan harga murah karena keperluan dana untuk pembangunan meunasah.

Data yang dihimpun Serambi dari beberapa warga setempat menyebutkan, traktor tangan itu dijual oleh beberapa warga yang salah seorang diataranya adalah oknum aparat desa. Sementara M Nasir, Ketua Gapoktan Makmur yang dikonfirmasi Serambi melalui ponselnya mengaku, alat pengolahan tanah itu dijual tanpa sepengetahuan dirinya.

Menurutnya, traktor itu diambil malam hari dan langsung dibawa keluar dari desa tersebut. Ditanya kemana barang itu dijual, Nasir mengatakan, kemungkinan dijual ke salah seorang warga di satu kecamatan di Kabupaten Bireuen.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Baro Nyong juga melaporkan hal sama. Sumber yang namanya minta tidak ditulis disini mengatakan, traktor dimaksud dijual seharga Rp 14.500.000, sementara kepada masyarakat disebutkan harga jualnya Rp 13.500.000.  “Karena itu kami berharap agar pihak kepolisian segera mengusuat kasus penjualan traktor tangan milik petani tersebut.”ujar tokoh masyarakat tersebut. Kendati Serambi telah menghubungi berulangkali ke nomor telepon selular milik aparat desa itu Rabu (1/5), namun telepon selulernya tidak aktif.

Ir Muhammad Nasir, Kasie Benih pada Distannak Pijay menjawab Serambi kemarin menyatakan rasa penyesalannya terhadap dilegonya traktor tersebut. “Seharusnya hal itu tak perlu dilakukan, dan hal itu hendaknya tak perlu diikuti oleh desa lainnya karena peralatan itu milik bersama,” katanya.

Ditambahkan, aset desa bantuan pemerintah itu tidak boleh dijual walau sudah jadi besi tua sekali pun. Selain Desa Baro Nyong, ada 13 Gapoktan lainnya di Bandarbaru yang mendapat bantuan hand traktor. Bantuan Sosial (Bansos) untuk petani SL-PTT padi non hibrida yang disalurkan pemerintah pusat melalui dana kontengensi Tahun Anggaran 2012 juga diperoleh sejumlah kecamatan lain. Total bantuan hand traktor untuk Pijay 70 unit dengan harga beli Rp 21 juta/unit. Penyaluran dilakukan awal Januari 2013 lalu oleh Bupati Pijay dan Kadistan Aceh, dalam sebuah upacara di Komplek Distannak Pijay.(ag)

gapoktan penerima traktor


* Gapoktan Tunong 1 Desa Ara
* Gapoktan Rindang Desa Baroh Musa
* Gapoktan Cempaka Puteh Desa Gampong Nyong
* Gapoktan Panton Jaya Desa Dayah Langgien
* Gapoktan Geulanggang Tani Desa Cut Nyong
* Gapoktan Panton Jeulatang Desa Jiem-Jiem
* Gapoktan Melati Desa Pulo Reng
* Gapoktan Udep Makmu Desa Blang Sukon
* Gapoktan Cemara Desa Blang Iboh
* Gapoktan Blang Lueng Putu Desa Manyang Lancok
* Gapoktan Bina Usaha Desa Ujong Leubat
* Gapoktan Lhok Lawah Desa Bale Musa
* Gapoktan Ingin Maju Desa Kayee Jatoue.(ag)
Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas