• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Dewan Aceh Besar Wacanakan Pemindahan Ibukota

Sabtu, 4 Mei 2013 14:24 WIB

* Dalam Sidang Istimewa HUT Ke-29 Kota Jantho

 
JANTHO - Ketua DPRK Aceh Besar Tgk Saifuddin mengimbau Pemkab Aceh Besar harus berani mengambil langkah-langkah strategis, dengan mewacanakan pemindahan ibukota kabupaten dari Kota Jantho, ke tempat lain yang lebih strategis dan terjangkau oleh seluruh warga Aceh Besar. Hal itu disampaikannya dalam sambutan saat membuka Sidang Istimewa HUT Ke-29 Kota Juantho, Jumat (3/5) pagi di Gedung DPRK setempat.

Menurutnya, untuk sebuah kota yang telah berumur 29 tahun, seharusnya fasilitas di Kota Jantho sudah sempurna dan memenuhi syarat sebagai ibukota kabupaten. Namun, Kota Jantho dalam perjalanannya, jauh dari yang diharapkan dan terkesan jalan di tempat.

“Karena itu, perlu adanya upaya konkret, seperti mengambil langkah-langkah yang strategis dan berani, dengan mewacanakan pemindahan ibukota kabupaten ini ke tempat lain. Sehingga terjangkau dalam hal pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan dalam pertumbuhan perekonomian masyarakat Aceh Besar,” kata Tgk Saifuddin.

Menurutnya, ada enam indikator yang mendukung wacana pemindahan ibukota kabupaten ini, di antaranya letak geografis Kota Jantho sebagai ibukota terlalu marginal , dengan beberapa kecamatan dalam wilayah Aceh Besar, serta belum optimalnya transportasi umum ke Kota Jantho.

Sementara Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah dalam kesempatan yang sama mengemukakan, momentum HUT Ke-29 Kota Jantho ini hendaknya dijadikan sebagai wahana refleksi untuk melakukan serangkaian evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan, dalam berkontribusi memberi warna dan makna bagi perjalanan sejarah Kabupaten Aceh Besar.

“Momentum HUT Kota Jantho Ke-29 juga kita jadikan wahana untuk meneguhkan komitmen dan bersatu padu memberikan karya dan prestasi terbaik bagi Aceh Besar sesuai kapasitas, kapabilitas, dan kompetensi masing-masing,” ungkapnya.

Rangkaian HUT Kota Jantho Ke-29, Jumat (3/5) petang, dilanjutkan dengan pembukaan bazar dan pameran pembangunan yang dilakukan oleh Sekdakab Aceh Besar Drs H Jailani Ahmad MM di Lapangan Bungong Jeumpa Kota Jantho. Kegiatan yang diikuti puluhan stand pameran tersebut dijadwalkan berakhir Sabtu (11/3/2013) mendatang.(yat)
Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
187214 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas