• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Danau Lut Tawar Tercemar

Senin, 6 Mei 2013 09:05 WIB
* Pemancing Pakai Insektisida

TAKENGON - Danau Lut Tawar di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah mulai tercemar zat kimia dari insektisida atau racun yang dipakai para pemancing ikan di danau tersebut. Penggunaan insektisida itu telah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir namun belum ada tindakan tegas dari pihak terkait.

Berdasarkan hasil penelusuran Serambi, para pemancing ikan di Danau Lut Tawar, beralih menggunakan insektisida merek Decis, yang sebenarnya biasa dipakai untuk obat atau membunuh hama pada tanaman seperti tomat dan cabai. Dengan racun tersebut, para pemancing bisa mendapatkan hasil tangkapan lebih banyak dibandingkan tidak menggunakan racun. Cara kerja racun itu, ketika dilemparkan ke dalam danau, dapat membuat udang air tawar mabuk. Saat udang mabuk, ikan mujahir dan nila akan berkumpul memburu udang sehingga memudahkan pemancing untuk mendapatkan ikan.

Salah seorang warga di kawasan sekitar Danau Lut Tawar yang enggan disebut namanya, Minggu (5/5) menuturkan, sebagian besar pemancing ikan di danau mulai beralih menggunakan racun udang sehingga bisa memperoleh hasil tangkapan yang lebih banyak. Kondisi tersebut, sudah berlangsung selama beberapa bulan terakhir. Tetapi sampai dengan saat ini, belum juga ada tindakan dari pemerintah setempat. “Kalau dibiarin seperti ini, bisa berbahaya untuk kelangsungan Danau Lut Tawar karena bisa tercemar. Disamping itu, ikan yang kita konsumsi juga berbahaya,” ujar saksi mata yang minta namanya tak dipublikasi.    

Mulai digunakannya Decis sebagai racun udang di Danau Lut Tawar, membuat insektisida ini laris terjual. Bahkan, beberapa toko pupuk di Kota Takengon,  kehabisan stok insektisida merek Decis lantaran banyaknya warga yang membeli untuk digunakan sebagai racun udang. “Biasanya satu kotak Decis, belum tentu dalam setahun bisa habis. Saya juga heran, akhir-akhir ini insektisida decis sangat laris. Bahkan di toko saya sekarang kehabisan stok,” kata pemilik toko pupuk Mentari Palawija, Saiful kepada Serambi Minggu (5/5).

Menurutnya, insektisida decis digunakan sebagai obat ataupun pembunuh hama tanaman seperti tomat dan cabai. Sedangkan sebotol insektisida decis, dijual mulai dari harga Rp15 ribu hingga Rp20 ribu/botolnya. “Biasanya insektisida ini dipakai untuk pembunuh hama tanaman. Cuma sekarang memang luar biasa larisnya. Saya juga nggak tahu persis untuk apa insektisida itu dipakai. Ada yang bilang untuk racun udang,” ujar Saiful. (c35)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
187773 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas