• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Serambi Indonesia

Hari Pertama di Bener Meriah dan Subulussalam

Senin, 6 Mei 2013 12:12 WIB
SEBANYAK 144 bacaleg di Kabupaten Bener Meriah mengikuti tes mampu membaca Alquran, di halaman Kantor KIP setempat, Minggu (5/5). Bacaleg yang mengikuti ujian di hari pertama berasal dari Partai Nasdem, PDIP, PKPI, Golkar, PKS dan Partai Demokrat. Tes akan berlangsung selama tiga hari atau sampai tanggal 7 Mei 2013, dengan total peserta sebanyak 350 bacaleg dari 15 parpol.

“Tes mampu membaca Alquran, untuk para bacaleg dibagi tiga kelompok. Masing-masing akan disaksikan tiga orang tim penguji,” kata Ketua KIP Bener Meriah, Ahmadi Samarkilang kepada Serambi kemarin.

“Sejauh ini, pelaksanaan uji mampu baca quran berjalan sesuai rencana. Dan untuk hari pertama pelaksanaan belum ada kendala berarti,” ungkap Ahmadi.  

Ia merincikan, hari pertama dan kedua uji mampu baca Alquran masing-masing diikuti enam parpol, sedangkan hari terakhir diikuti bacaleg dari tiga parpol. Tim penguji baca Alquran ini berasal dari unsur Dinas Syariat Islam, MPU, dan Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah. “Hasil tes langsung diumumkan pada sore harinya dan akan disampaikan ke masing-masing parpol pada tanggal 7 dan 8 Mei 2013,” pungkas Ahmadi.

Sementara di Subulussalam, tes hari pertama Minggu (5/5) kemarin diikuti 174 bacaleg dari sembilan parpol. Tes berlangsung di Aula Setdako Subulussalam selama dua hari, atau berakhir hari ini. Informasi diperoleh, sebanyak enam bacaleg yang mendapat jatah ikut tes pada hari pertama kemarin, tidak hadir.

Ketua dewan juri uji baca Alquran Drs Abdurrazak Naupal mengatakan, sembilan parpol yang sudah mengikuti tes pada hari pertama yakni Nasdem, PKS, PDIP, PKB, Golkar, Gerinda, Demokrat, PPP, dan PAN. Sementara sisanya enam partai lagi termasuk partai lokal akan diuji pada hari berikutnya.

 Abdurrazak menjelaskan, beberapa katagori penilaian meliputi antara lain adab, fasahah, dan makhrijal huruf (tajwid). Syarat kelulusan bacaleg harus mampu mencapai nilai 50. Hasil tes pertama ini akan diserahkan kepada KIP.

Tim penilaian dalam pelaksanaan uji baca Alquran ini melibatkan dari Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Subulussalam.(c35/kh)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas