• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Serambi Indonesia

Blanko SIM dan STNK Habis

Selasa, 14 Mei 2013 12:01 WIB
* Diperkirakan hingga Agustus
* Saat Razia, Cukup Tunjukkan Resu


BANDA ACEH - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh, sejak beberapa hari terakhir, kehabisan bahan baku (blangko) pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Warga yang mengurus surat-surat tersebut hanya mendapat resu (bukti pengurusan).

Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran warga yang mengurus kelengkapan kendaraan. Warga khawatir resu yang dikeluarkan polisi tidak berlaku saat petugas kepolisian melakukan razia. “Kami khawatir resu ini jadi masalah. Bisa saja polisi tetap menilang kendaraan kami,” keluh seorang warga usai memperpanjang SIM A di Polresta Banda Aceh, Senin (13/5).

Namun, kekhawatiran warga diluruskan Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Drs Unggul Sedyantoro MSi, yang dihubungi kepada Serambi, Senin (13/5). Menurutnya, petugas tidak akan menilang jika pengendara menunjukkan resu. Namun, ia meminta agar selama masih memegang resu, diharapkan tidak bepergian ke luar Aceh untuk sementara waktu.

“Petugas tidak akan menilang kalau bisa menunjukkan resu. Tapi, selama masih pegang resu usahakan untuk tidak pergi jauh atau ke luar kota. Kalau di Aceh kami jamin tidak akan ditilang,” kata Unggul.

Sebab, menurut Unggul, jika di Ditlantas Polda Aceh blangko tersebut kosong, maka di seluruh polres di jajaran Polda Aceh juga tidak ada stok. Bahan baku pembuatan SIM, STNK, BPKB dan Nopol, diperkirakan baru tertanggulangi pada Agustus 2013, setelah ada proses persediaan dari Korlantas Polri. Namun, dibanding Polda lain, Polda Aceh paling lama kehabisan stok.(mir)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas