• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 21 September 2014
Serambi Indonesia

Kelezatan di Balik Dedaunan Crispy

Minggu, 19 Mei 2013 08:13 WIB
AYAM goreng itu banyak. Tapi ayam yang goreng barengan daun rempah-rempah, hanya ayam tangkap. Siapa sangka, ayam lezat dan gurih bersembunyi di balik dedaunan yang crispy. Bahkan, rasanya seperti kerupuk. Walau hanya digoreng, kuliner ini memiliki cita rasa tersendiri.

Rasa krenyes yang gurih dari ayam goreng, dibalut aroma wangi dari aneka dedaunan rempah ini. Rasanya sangatlah menggugah selera.

Membuat ayam tangkap ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Untuk mencitapkan cita rasa ayam tangkap, haruslah menggunakan ayam kampung yang dipotong kecil-kecil dengan ukuran delapan sentimeter. Bumbu peneyedapnya menggunakan berbagai rempah yang khas seperti bawang putih, ketumbar, cabai kering, garam, dan jeruk nipis. Lalu dilumuri ke seluruh permukaan ayam yang sudah dipotong-potong. Untuk meciptakan citarasa, ayam tangkap yang sudah dibumbui tersebut direbus dahulu selama 15 menit.

Selanjutnya, potongan daun kari dan daun pandan segar ikut dimasukan bersama ayam sampai benar-benar garing dan menghasilkan aroma yang mengugah selera. Cukup digoreng selama tujuh menit, potongan ayam kecil-kecil serta daun yang crispy tersebut ditiriskan. Hidangan siap disantap.

Kelezatan makanan ini kian terlihat saat paduan unik tersebut disajikan dalam piring. Para penikmat ayam tangkap biasanya mengolabrasikan dengan sambal kecap yang dicampur potongan bawang marah dan cabai hijau.

Nyam... nyam... Gurihnya ayam beradu garingnnya dedaunan crispy dipadu manis pedasnya sambal kecap, menciptakan sensasi baru bagi para pecinta kuliner. Ayam tangkap dengan dedaunan yang crispy, benar-benar menangkap selera...(Azwani Awi)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
194963 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas