Selasa, 23 Desember 2014
Serambi Indonesia

Pelunasan Biaya Haji 22 Mei-12 Juni

Kamis, 23 Mei 2013 13:56 WIB

* Terbang 10 September  

BANDA ACEH - Sebanyak 3.924 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Aceh sejak 22 Mei-12 Juni 2013 mulai melunasi biaya haji tahun 2013. Pelunasan dilakukan melalui Bank Penerima Setoran (BPS) biaya haji pada saat pendaftaran awal JCH.

Berdasarkan surat dari Kementerian Agama RI, besaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini 3,253 dolar AS atau setara dengan Rp 32.530.000 dengan asumsi kurs rupiah untuk per 1 dolar AS adalah Rp 10.000.

Kepala Bagian Humas Kanwil Kemenag Aceh, Akhyar MAg kepada Serambi, Rabu (22/5), menjelaskan, setoran BPIH dilakukan menggunakan mata uang rupiah yang nilainya sesuai dengan kurs dolar pada saat pelunasan biaya haji.

Menurut Akhyar, JCH yang telah melunasi BPIH tahun 2013 wajib melapor ke kantor kementerian agama kabupaten/kota paling lambat tiga hari kerja dengan menyerahkan lembar bukti setoran lunas BPIH yang dikeluarkan oleh bank penerima setoran BPIH.

Aturan yang sama berlaku bagi jamaah yang telah melunasi BPIH tahun 2012, namun tak dapat berangkat serta tidak membatalkan diri. Kalau mereka ingin berangat tahun ini, maka harus membayar kekurangan atau selisih besaran BPIH yang telah dibayarkan sebelumnya.

Akhyar menjelaskan, kepastian jadwal pelunasan BPIH 2013 diperoleh pada hari Selasa (21/5) sekitar pukul 16.00 WIB. Bagi JCH hanya punya satu kesempatan untuk melunasi BPIH. Kalau sampai 12 Juni JCH yang sudah masuk kuota tidak melunasi biaya haji, maka jatah tersebut akan menjadi jatah kuota nasional. “Kami berharap JCH memanfaatkan waktu yang sudah diberikan,” ujar Akhyar.

Mendekati waktu keberangkatan haji, Dinas Syariat Islam dan Kankemenag Kota Lhokseumawe, mulai menggelar manasik haji terpadu. Sekitar 233 JCH asal Lhokseumawe dikumpulkan di SMK setempat untuk mendengarkan materi tentang perjalanan ibadah haji.

Pemateri dalam acara itu, antara lain, Kakankemenag Kota Lhokseumawe Drs H Taufiq Abdullah, Ketua IPHI Tgk Zulkarnain, Kadis Syariat Islam Zulkifli MAg, Sekretaris Dinas Syariat Islam Misran Fuadi SAg, dan beberapa pemateri lainnya. (swa)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas