• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Serambi Indonesia

KIP Subulussalam Susun Ulang Jadwal Pilkada

Rabu, 29 Mei 2013 15:55 WIB
* Tanggapi Surat Gubernur Aceh

SUBULUSSALAM - Pimpinan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam menyatakan akan menyusun ulang jadwal dan tahapan pelaksanaan Pilkada Wali Kota/Wakil Wali Kota Subulussalam. Dengan demikian, KIP akan menggugurkan tahapan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Komisioner KIP Subulussalam, Sumardi kepada Serambi Senin (27/5) mengatakan, langkah ini dilakukan KIP menyusul terbitnya surat Gubernur Aceh yang meminta agar tahapan pilkada di Subulussalam dijadwal ulang dan disesuaikan dengan UU No 11 tahun 2006 dan Qanun No 5 tahun 2012. Surat itu ditujukan kepada Wali Kota Subulussalam dan Ketua KPU RI, dan turut ditembuskan ke KIP.

Dalam surat tersebut gubernur, menyampaikan tahapan pilkada Subulussalam yang telah ditetapkan KIP belum dapat dilaksanakan, karena belum ada surat berakhirnya masa jabatan wali kota/wakil wali kota, dari Ketua DPRK Subulussalam kepada KIP setempat.

Sesuai pasal 7 ayat 3 huruf b dan ayat 4 serta pasal 8 Qanun Aceh Nomor 5 tahun 2012, pilkada dilaksanakan setelah adanya setelah adanya surat pemberitahuan berakhirnya masa jabatan kepala daerah dari DPRK kepada KIP. Pemberitahuan paling lambat enam bulan sebelum berakhirnya masa jabatan bupati/wakil bupati atau wali kota/wakil wali kota, sebagaimana diatur pada pasal 73 UU No 11 tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh.

“Namun sampai saat ini DPRK Subulussalam belum memberitahukan secara tertulis kepada KIP terkait berakhirnya masa jabatan wali kota/wakil wali kota sehingga KIP Subulussalam belum dapat memulai tahapan pilkada,” tulis gubernur dalam suratnya.

Gubernur berharap penyelenggaraan Pilkada Subulussalam tetap mengacu pada UU No 11 tahun 2006 dan Qanun Aceh Nomor 5 tahun 2012 guna menghindari terjadinya konflik antar lembaga di daerah serta permasalahan hukum di kemudian hari. Surat tersebut turut ditembuskan kepada Presiden RI, Ketua DPR RI, Menko Polhukam RI, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu RI, Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, Ketua DPR Aceh, Ketua KIP Aceh, Wali Kota Subulussalam, Ketua DPRK Subulussalam dan Ketua KIP Kota Subulussalam. (kh)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: side/topik_populer.php

    Line Number: 11

TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help

A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Atas