• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Serambi Indonesia

Pergub Aceh tentang Pemutihan BBN-KB dan PKB Diskriminatif

Rabu, 29 Mei 2013 10:28 WIB
SAYA memiliki tiga unit sepeda motor (sepmor), tapi karena satu unit sepmor jarang digunakan maka saya lupa membayar pajaknya. Saat saya baca berita di Serambi tentang pemutihan BBN-KB dan PKB, saya bersama seorang teman langsung mendatangi Kantor Samsat di tempat saya berada. PKB saya sudah jatuh tempo tanggal 08-01-2012, sementara milik teman saya jatuh temponya tanggal 10-06-2010.

Saat itu petugas loket meminta maaf kepada saya sambil berkata bahwa PKB saya tidak termasuk dalam program pemutihan sesuai Pergub di atas. Hanya pajak yang jatuh tempo sebelum tanggal 01-01-2012 saja yang dapat pemutihan. Petugas loket menghitung dan menyebutkan bahwa jumlah pajak yang harus saya bayar Rp 558.500, dengan rincian pokok pajak dua tahun beserta denda dan jasa raharja.

Petugas loket berkata kalau saya keberatan, ia menyarankan untuk meminta keringan denda pajak, tapi ternyata keringanan itu tidaklah sampai Rp 100.000. Yang membuat saya merasa sangat kecewa adalah saat teman saya mengatakan dia hanya membayar pajak sebesar Rp 332.500, jatuh tempo pajaknya sampai tanggal 10-06-2014, setelah empat tahun dengan sengaja dia tidak melakukan kewajibannya.

Saya jadi bertanya-tanya, mengapa ada peraturan seperti ini, terhadap wajib pajak yang menunggak bertahun-tahun diberikan reward, sementara terhadap wajib pajak yang hanya menunggak 1-2 tahun malah diberi punishment. Akhirnya, saya mengambil keputusan untuk menunda bayar pajak sampai nanti ada program pemutihan lagi.

Bila semua wajib pajak berpikir seperti saya maka yang akan mendapat musibah adalah Pemerintah Aceh, karena tidak ada lagi masyarakat yang membayar pajak kendaraannya karena setahu saya Polantas tidak bisa menilang, apalagi mengandangkan kendaraan yang mati pajak. Semoga saja Gubernur Aceh membaca tulisan ini dan segera mengevaluasi Pergub No.22 Tahun 2013 itu. Terima kasih.

Ahmad Fauzi
Warga Lamme, Aceh Jaya
Email: fauzi_060172@yahoo.com
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: side/topik_populer.php

    Line Number: 11

TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help

A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Atas