• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Serambi Indonesia

Massa Duduki Kebun PT SIR

Senin, 10 Juni 2013 10:27 WIB
MEULABOH - Aksi pendudukan areal perusahaan perkebunan kembali terjadi di Aceh Barat. Kini giliran kebun karet PT Sari Inti Rakyat (SIR) di kawasan Alue Lhee, Kecamatan Kaway XVI diduduki massa dari dua kecamatan sejak enam hari terakhir sampai Minggu (9/6). Massa yang mencapai ratusan orang itu mengaku aksi pendudukan dilakukan karena Pemkab Aceh Barat tidak menuntaskan sengketa lahan antara masyarakat dengan PT SIR yang sudah berlangsung lama.

Sementara pihak PT SIR sendiri melalui Kuasa Hukumnya mengaku lahan yang diduduki massa itu masuk dalam HGU PT SIR seluas 4.293,7 hektare, dan sudah pernah diukur ulang oleh BPN beberapa waktu lalu. Karena itu kalau pun masyarakat ingin mempersoalkan lahan PT SIR silakan saja melalui jalur hukum.

Aksi pendudukan dilakukan sejak Selasa (4/6) lalu dengan mendirikan sebuah tenda di lokasi kebun yang mereka pusatkan di Alue Lhee. Massa tidak mau keluar dari areal kebun meski sudah diminta keluar oleh pihak perusahaan. Namun aksi massa dari Kecamatan Kaway XVI dan Pante Ceureumen itu berlangsung damai dan tidak anarkis.

H Nurdin, perwakilan massa mengungkapkan, aksi pendudukan oleh masyarakat karena lahan yang diserobot oleh perusahaan belum juga dikembalikan dan pemerintah juga tidak menyelesaikan persoalan lahan mereka yang diserobot oleh PT SIR. “Masyarakat meminta lahan yang diserobot segera dikembalikan kepada masyarakat,” katanya.

Ia juga mengatakan, panitia C dari BPN harus segera turun,  sebab sangat banyak lahan PT SIR yang kini telantar. “Pendudukan ini akan terus dilakukan sampai ada komitmen dari pemerintah untuk menuntaskan sengketa lahan,” ujar Nurdin.

Sementara itu, pada Sabtu (8/6), anggota DPRK Aceh Barat terdiri dari Herman Abdullah, Ramli, Abdul Kadir, Bustanuddin, dan Ibrahim Husin, turun menemui massa di lokasi pendudukan di kebun PT SIR di Desa Alue Lhee Kecamatan Kaway XVI.  Anggota dewan mendengarkan aspirasi dari massa yang meminta ada penuntasan terhadap penyerobotan lahan yang sudah berlarut-larut ini agar lahan itu dikembalikan lagi kepada masyarakat.

“Kita harapkan persoalan sengketa ini tidak terus berlarut, apalagi dalam menuntaskan DPRK beberapa tahun lalu pernah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 500 juta untuk menuntaskan dengan mengukur ulang HGU (hak guna usaha) tetapi tidak membuahkan hasil,” kata anggota DPRK Aceh Barat, Ramli kepada Serambi, Minggu (9/6).

Kuasa Hukum PT SIR, Yusri kepada Serambi, Minggu (9/6)  menyatakan pihak perusahaan sangat keberataan terhadap aksi pendudukan oleh masyarakat di lahan PT SIR. Karena itu terhadap aksi pendudukan itu sudah dilaporkan ke polisi. “Kalau pun masyarakat ingin mempersoalkan lahan PT SIR silakan saja melalui jalur hukum, sebab lahan yang diduduki itu adalah lahan PT SIR yang mengantongi HGU seluas 4.293,7 hektare,” kata Yusri.

Yusri juga mengatakan, pihak perusahaan heran terhadap masyarakat karena sudah pernah diukur ulang oleh BPN beberapa waktu lalu bahwa itu lahan milik PT SIR. “Kita sudah melakukan gugatan ke PTUN terhadap rencana BPN Aceh yang akan turun panitia C ke lahan PT SIR. Lahan yang dituduhkan telantar seperti ditudingkan oleh masyarakat tidak benar,” tandasnya.(riz)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
berita POPULER

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: side/topik_populer.php

    Line Number: 11

TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help

A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Atas