• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Serambi Indonesia

Ombudsman Pantau Penerimaan Siswa Baru

Jumat, 14 Juni 2013 10:08 WIB
BANDA ACEH - Lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, Ombudsman, saat ini sedang memantau proses penerimaan siswa/siswi baru di Aceh.

Hal itu disampaikan Kepala Ombudsman Repulik Indonesia Perwakilan Aceh, Taqwaddin, saat berkunjung ke Kantor Harian Serambi Indonesia, kawasan Meunasah Manyang PA, Aceh Besar, Rabu (12/6).

Kunjungan itu disambut Redaktur Pelaksana Harian Serambi Indonesia Yarmen Dinamika. Dalam kunjungan itu, Taqwadin  mengatakan, pihaknya telah melakukan audiensi sekaligus melapor kepada Dinas Pendidikan terkait pemantauan proses penerimaan siswa baru.

“Konteks ini termasuk ke dalam jasa publik yaitu jasa yang diberikan oleh pemerintah. Oleh karena itu Ombudsman memiliki wewenang untuk memantaunya, agar tidak terjadi pungutan liar saat orang tua mendaftarkan anaknya sekolah,” kata Taqwaddin.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa salah satu tugas Ombudsman adalah menyelesaikan laporan masyarakat mengenai adanya tindakan mal administrasi dan diskriminasi terkait pelayanan publik.

“Siapa saja yang merupakan warga Negara Indonesia atau penduduk bisa melapor ke Ombudsman, khususnya yang menjadi korban langsung tindakan mal administrasi oleh aparat. (Pelaporan) tidak dikenakan biaya (gratis),” terangnya.

“Yang harus diketahui, laporan yang ditangani Ombudsman adalah laporan yang jelas pelapornya (bukan surat kaleng). Hal yang dilaporkan merupakan kewenangan Ombudsman, disertai data kronologis jelas dan sistematis. Melaporkannya juga tidak harus menggunakan bahasa hukum, cukup bahasa sederhana tapi dimengerti,” sambung Taqwaddin lagi.

Diakhir kunjungan, Taqwaddin yang datang berkunjung bersama tiga asisten dan seorang staf sekretariat Ombudsman menyerahkan cendera mata berupa sebuah gambar karikatur yang diterima Redaktur Pelaksana Serambi Indonesia, Yarmen Dinamika.(sr)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas