• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Ini Syarat Pendaftaran Jalur SNMPTN Unsyiah

Minggu, 16 Juni 2013 09:28 WIB
BANDA ACEH - Bagi calon mahasiswa yang akan masuk melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, ada sejumlah syarat yang mesti diketahui dan dipenuhi oleh para calon.

Kepala Humas Unsyiah, Dr rer nat Ilham Maulana, menjawab Serambi, Sabtu (15/6) kemarin, menjelaskan pendaftaran dan pengambilan berkas calon mahasiswa baru dibuka mulai Selasa (18/6) pekan ini, di Gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah, Banda Aceh.   

Menurut Ilham, pada saat mendaftar, calon mahasiswa harus membawa kartu pendaftaran SNMPTN. “Bagi yang telah mengisi biodata untuk Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB), juga membayar biaya pendidikan di sejumlah bank yang ditunjuk, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Syariah Mandiri, Bank Aceh, dan BRI Syariah,” katanya.

Sebelumnya, sebut Ilham, calon mahasiswa melakukan pendaftaran secara online di www.uktb.unsyiah.ac.id, termasuk mengisi biodata UKTB. “Setelah melakukan pengisian pre registrasi yang dibuka pada 10-16 Juni, calon mahasiswa langsung dapat mengetahui besaran biaya yang harus dibayarkan pada setiap semester,” ujarnya.

Penerapan uang kuliah tunggal yang dimulai Tahun Akademik 2013 ini berlaku di seluruh PTN di Indonesia. Hal ini diberlakukan agar ke depan tidak ada lagi pungutan biaya skripsi dan sejenisnya, selain uang kuliah tunggal. “Uang kuliah tunggal ini berlaku untuk semua fakultas di Unsyiah,” kata Ilham.

“Melalui sistem ini juga memungkinkan seorang mahasiswa membayar sangat minim, atau tidak perlu membayar biaya pendidikan sama sekali, atau malah membayar biaya pendidikan maksimum tergantung dari kemampuan orang tuanya,” ujarnya menambahkan.

Karena itu, melalui sistem yang dikembangkan ini, calon mahasiswa dapat bersikap jujur dalam pengisian biodata UKTB. “Jika ditemukan ketidakjujuran dalam pengisian biodata tersebut, maka mahasiswa yang bersangkutan akan ditindak bahkan dapat dikeluarkan dari Unsyiah secara tidak hormat,” pungkas Kepala Humas Unsyiah itu. (hs)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
208654 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas