Sabtu, 18 April 2015

Jejak Peradaban Islam di Venezia

Kamis, 20 Juni 2013 10:24

OLEH SURYA ALFADHLI, alumnus MAN Model Banda Aceh, melaporkan dari Venezia, Italia

ANDA mungkin pernah menyaksikan film The Italian Job atau The Tourist. Film yang dibintangi Angelina Jolie dan aktor Johnny Depp itu menyuguhkan pemandangan kota air yang romantis di bagian utara Italia. Ya, itulah Kota Venezia.

New York Times menggambarkan Venezia sebagai kota paling indah yang dibangun oleh manusia. Times Online menyatakan Venezia sebagai salah satu kota di Eropa yang paling romantis. Unicef pun menobatkan Venesia dan danau-danaunya sebagai warisan dunia.

Baru-baru ini saya berkesempatan mengunjungi Kota Venice atau Venezia yang dikenal dengan gondolanya.  

Venezia adalah kota yang didirikan di atas air. Tak heran bila jalur tranportasi di sini adalah via air. Ke Venezia saya melalui metro San Donato, turun di Centrale, lalu naik ke Stazione Centrale Milano. Selanjutnya dengan tiket berbayar 21 euro saya naik trenitalia Intercity via Verona untuk melanjutkan tiga jam perjalanan ke Venezia.  

Selain terkenal dengan gondola, perahu kecil yang dikayuh oleh seorang gondolier, Venezia juga mempunyai sisi sejarah menarik dari segi hubungannya dengan arsitektur Islam.

Piazza San Marco adalah salah satu bangunan yang arsitekturnya banyak dipengaruhi oleh arsitektur dari zaman Turki Usmani.

Halaman123
Editor: bakri
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas