• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Dinkes Penggunaan Dana JKA di Puskesmas

Selasa, 16 Juli 2013 13:42 WIB

BANDA ACEH - Dinas Kesehatan Aceh memeriksa penyaluran dan penggunaan dana Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di puskesmas dan Rumah Sakit Umum (RSU) kabupaten/kota. Dinkes juga memeriksaan pelayanan kesehatan di puskesmas dan RSU. Untuk tujuan tersebut, Dinkes Aceh telah menurunkan 11 tim ke 23 Kabupaten/Kota mulai Senin (15/7) sampai Sabtu (20/7) mendatang.

Kadiskes Aceh, dr Taqwallah kepada Serambi, kemarin, kedua program itu dilakukan pihaknya menindaklanjuti kesepakatan bupati/wali kota dan DPRK se-Aceh dengan Dinkes Aceh pada kunjungan bulan sebelumnya  tentang upaya peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Puskesmas dan RSU Pemerintah.

Menurutnya, Dinkes Aceh siap membantu membenahi sistem pelayanan kesehatan di puskesmas dan RSU menjadi pelayanan yang islami dan menyenangkan pasien. Misalnya, pelayanan harus dimulai dengan tersedianya resepsionis yang ramah dan murah senyum di depan pintu masuk Puskesmas dan RSU.

Kepala Kantor Cabang Askes Banda Aceh, Zulpaddin yang dikonfirmasi  Serambi mengenai penyaluran dana kapitasi JKA kepada Puskesmas dan amparahan dana JKA untuk RSU menjelaskan, penyaluran dana kapitasi JKA kepada Puskesmas baru sampai Maret 2013. Sementara pembayaran amprahan berobat gratis pasien JKA di RSU, umumnya sudah sampai jatah Mei 2013.

Pembayaran dana kapitasi JKA untuk Puskesmas baru sampai Maret, menurut Zulpaddin, disebabkan, beberapa hal. Seperti adanya perubahan data peserta Jamkesmas untuk Aceh. Karena itu, Dinkes Aceh sampai kini belum menerbitkan surat perintah penyaluran dana kapitasi JKA untuk Puskesmas.

Faktor kedua, tambahnya, masih banyak Puskesmas yang belum melaporkan penggunaan dana kapitasi JKA Januari-Maret 2013 kepada PT Askes, yang dananya telah mereka terima dua bulan lalu.(her)

Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
226144 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas