Senin, 22 Desember 2014
Serambi Indonesia

Kemendikbud Luncurkan Kurikulum 2013

Selasa, 16 Juli 2013 13:44 WIB

BANDA ACEH - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Senin (15/7) resmi meluncurkan Kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional dan sekaligus mengganti Kurikulum KTSP secara bertahap. Di Banda Aceh, peluncuran yang dipusatkan di SMAN 4 itu dilakukan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Prof Dr Haryono Umar.

Pada kesempatan itu, Haryono juga menyerahkan buku tematik berjudul ‘Indahnya Kebersamaan’ kepada siswa kelas IV SD Negeri 67 Percontohan Banda Aceh. Turut hadir Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Aceh, Drs Laisani MSi dan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Drs Makmun Ibrahim MM.

Haryono Umar mengatakan Aceh beruntung karena menjadi salah satu daerah yang ditunjuk sebagai pelaksana ujicoba kurikulum baru ini secara nasional. Dengan perubahan kurikulum, menurutnya, secara umum akan berdampak bagi upaya percepatan perbaikan mutu pendidikan secara nasional. Sebab, setiap kurikulum diganti, pasti ada sesuatu yang lebih baik yang ingin dicapai.

Sementara Kadisdikpora Kota Banda Aceh, Syaridin MPd, mengatakan pihaknya menyambut baik pemberlakuan kurikulum 2013 mulai bulan ini. “Banda Aceh siap memberlakukan Kurikulum 2013 untuk semua sekolah,” ujarnya.

Kepala SMAN 4 Banda Aceh, Drs Syarifuddin Ibrahim mengaku pihaknya sempat khawatir kemungkinan pemberlakuan Kurikulum 2013 itu bisa dilaksanakan di awal tahun ajaran ini. “Kekhawatiran saya terkait kesetersediaan buku sesuai kurikulum 2013 yang mulai diberlakukan mulai Senin. Namun, Alhamdulillah, saat ini buku pelajaran tersebut sudah sampai di sekolah-sekolah,” katanya.

Kekhawatiran lain dalam pemberlakukan kurikulum baru itu, tambah Syarifuddin, karena guru dan kepala sekolah hingga kini belum tahu cara mengajarkan siswa yang benar.(sir)

Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas