• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Serambi Indonesia

Sineas Muda Aceh Lolos ke Eagle Awards

Rabu, 17 Juli 2013 10:11 WIB

* Angkat Film Pulau Bunta

BANDA ACEH - Setelah dua tahun lalu dua sineas Aceh lolos ke ajang nasional kompetisi dokumenter Eagle Awards Metro TV 2013. Kini, dua wakil Aceh kembali lolos ke ajang bergensi itu, yakni Darang Melati Z dan Cut Ervida Diana. Saat ini keduanya sedang dikarantina di Hotel Desa Wisata Komplek Taman Mini Indoneisa (TMII) untuk mengikuti Eagle Lab.

Kedua sineas muda itu adalah Mahasiswa Universitas Syiah Kuala, jurusan FKIP Bahasa Inggris, angkatan 2009. Mereka membuat film Dokumenter berjudul “Pahlawan Di Ujung Nusantara”. Ide dasar pembuatan film dokumenter karya mereka adalah suatu upaya penyelamatan pulau yang memiliki potensi alam yang luar biasa.

Cut Ervida Diana yang ditanyai Serambi melalui telepon selulernya, Selasa (16/7) malam mengungkapkan kebahagiaanya bisa lolos ke tahap lima besar. “Ini merupakan hal baru karena setiap harinya ada tantangan baru, dan banyak belajar dari kegiatan itu,” ujar Cut Ervida.

Ia juga mengatakan dirinya bersama Darang Melati Z banyak belajar melalui kegiatan tersbeut. Selain mengaktualisasikan diri melalui film itu ia menyatakan bahwa keinginan masyarakat melalui karya dokumenternya bisa tersampaikan. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi alam yang sangat besar, dan masyarakat harus peka dan peduli terhadap alam sekitar.

Film karya sineas muda Aceh itu bercerita tentang perjuangan seorang warga menjaga kelestarian dan eksistensi pulau tapal batas Indonesia (Pulau Bunta) dari berbagai ancaman dan penguasaan pihak luar.

Sebelum lolos menjadi finalis, mereka terlebih dahulu melewati tahap Pitching Forum 12 Juli, yaitu presentasi ide cerita film langsung di hadapan dewan juri yang terdiri dari Radar Panca Dahana (Budayawan), Abduh Aziz (Produser Dokumenter), Tjandara Wibowo (Sutradara Dokumenter), Tino Saroengallo (aktor/produser), John Bosco (Senior Produser, Metro TV).  Selain Aceh, yang masuk lima besar antara lain Ambon, Semarang, Kalimantan dan, Jember. (hs)

Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: side/topik_populer.php

    Line Number: 11

TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas