• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 28 Juli 2014
Serambi Indonesia

Bacaleg Simeulue Bertambah 23 Orang

Kamis, 25 Juli 2013 13:55 WIB

* Abdya 19 Orang

SINABANG - Jumlah bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Kabupaten Simeulue bertambah 23 orang. Kepastian itu diperoleh setelah 23 nama bacaleg tersebut dilaporkan telah mendaftarkan diri melalui partai politik ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Simeulue. Pendaftaran itu mereka lakukan setelah dibukanya masa pendaftaram penambahan kuota 20 persen bagi masing-masing parpol untuk menambah bacalegnya.

Ketua Pokja Penerimaan Bacaleg KIP Simeulue, M Daud Hamid MPd, kepada Serambi, Rabu (24/7) menyatakan, penambahan kuota 120 persen bacaleg di Simeulue tak dilakukan oleh semua parpol peserta pemilu di kabupaten itu. “Sampai batas waktu akhir yang ditentukan, hanya 23 orang bacaleg baru yang mendaftar lagi ke KIP Simeulue,” kata M Daud.

Dari 15 partai politik peserta pemilu di daerah itu, sebutnya, hanya delapan parpol yang mendaftarkan caleg tambahan ke KIP.

“Partai itu masing-masing Nasdem satu bacaleg, Demokrat dua bacaleg, Gerindra empat bacaleg, Hanura tiga bacaleg, PDIP dua bacaleg, PKS empat bacaleg, PA empat bacaleg, dan Partai PDA tiga bacaleg. “Sedangkan tujuh parpol lain tidak menambah,” demikian M Daud.

Sementara di Aceh Barat Daya (Abdya), dari 15 parpol peserta Pemilu 2014 hanya tujuh parpol yang mengajukan bakal calon legislatif (bacaleg) tembahan kepada KIP setempat. Tujuh parpol lain tidak mengajukan daftar bacaleg tambahan. Sementara satu partai lagi, yaitu Partai Aceh (PA) sudah lebih dulu mengajukan daftar bacaleg sesuai kuota 120 persen. Total bacaleg tambahan di kabupaten itu adalah 19 orang.

Ketua Pokja Pencalonan KIP Abdyah, Hasbi, Rabu (24/7) menyebutkan, 19 bacaleg tambahan itu menurut rencana akan diuji mampu Alquran pada 3 Agustus mendatang. Sedangkan pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Caleg direncanakan 23 Agustus mendatang. “Dengan tambahan 19 orang, total bacaleg yang diajukan 15 parpol peserta Pemilu 2014 di Abdya menjadi 381 orang, dari jumlah sebelumnya 362 orang,” jelas Hasbi.

Bacaleg yang bertambah itu, sebutnya, berasal dari Partai Demokrat lima orang, Partai Damai Aceh (PDA) lima orang, Partai Nasional Aceh (PNA) dua orang, Partai Bulan Bintang (PBB) dua orang, Partai Gerindra dua orang, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dua orang, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) satu orang.(c48/nun)

Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
berita POPULER
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas