Droe Keu Droe

Bacaan Imam Shalat Masih Banyak yang Salah

BERDASARKAN pengalaman pribadi saya shalat berjamaah di beberapa mesjid, di kawasan Luengbata

BERDASARKAN pengalaman pribadi saya shalat berjamaah di beberapa mesjid, di kawasan Luengbata dan Simpang Surabaya, Banda Aceh, saya masih mendapatkan banyak bacaan imam shalat yang salah, khususnya makhraj dan tajwid-nya. Hal ini tentu sangatlah berpengaruh terhadap syarat sahnya shalat berjamaah, karena jika salah membaca ayat Alquran, maka salah pula maknanya.

Sebagaimana perlu diketahui bahwa sangatlah penting seorang imam membaca bacaan shalat dengan benar lagi sempurna bacaannya. Dan, tidaklah patut bagi Aceh sebagai “negeri syariat” dan banyak pula jumlah pesantren juga sekolah agama, tapi masih miskin imam yang sempurna bacaan shalatnya.

Melalui rubrik ini saya mengimbau kepada para pengurus masjid agar benar-benar serius memilih seseorang untuk dijadikan imam shalat. Para makmum (pengikut imam) juga perlu kriitis dan memberitahukan kepada imam yang bersangkutan jika bacaannya salah atau tidak sempurna. Para imam juga harus tau diri dengan kapasitasnya, jika tidak mampu lebih baik mundur dan digantikan dengan yang lebih layak.

Pemerintah melalui Dinas Syariat Islam juga diharapkan dapat memberikan peningkatan kapasitas imam dan jika perlu diadakan seleksi imam agar tidak menyesatkan ummatnya. Demikian pemberitahuan ini saya tulis agar dapat menjadi perhatian serius bagi kita semua untuk kesempurnaan ibadah kita di bulan Ramadhan ini.

Yunita Ningsih
Warga Luengbata, Banda Aceh
Email: y.ningsih@gmail.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help