Jumat, 19 Desember 2014
Serambi Indonesia

Ketua KoBar-GB Jadi Tahanan Kota

Kamis, 1 Agustus 2013 09:57 WIB

* Hakim Kabulkan Pengalihan Penahanan

BANDA ACEH - Ketua Koalisi Barisan Guru Bersatu (KoBar-GB) Aceh, Sayuthi Aulia, yang ditahan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Banda Aceh di Rutan Banda Aceh di Kajhu, Aceh Besar sejak 4 Juli 2013, akhirnya ditetapkan menjadi tahanan kota sejak Rabu (31/7), oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh.

Majelis hakim membacakan penetapan pengalihan penahanan terhadap terdakwa, seusai pemeriksaan tiga saksi dalam sidang lanjutan perkara perbuatan tidak menyenangkan yang dilakukan terdakwa terhadap seorang guru.

Hakim Ketua Said Husen SH dalam penetapan itu menyebutkan, hal-hal yang dipertimbangkan majelis hakim sehingga mengalihkan penahanan terdakwa Sayuthi Aulia menjadi tahanan kota karena adanya permohonan beberapa pihak.

Diantaranya, sebut Said Husen, permohonan dari pihak keluarga, Kadis Pendidikan Aceh, Anas M Adam, 16 organisasi guru, dan tim pengacaranya yang menjamin terdakwa bisa bersikap kooperatif atau tak melarikan diri.

Para guru yang sejak awal menyesaki ruang sidang PN Banda Aceh untuk memberi dukungan kepada Sayuthi, kemarin, menyambut gembira penetapan tersebut. “Allahu Akbar,” teriak para guru tanpa dikomandoi.

Sayuthi yang mengenakan rompi tahanan dan didampingi empat pengacara dari Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Aceh (YLBHA) juga tampak lega ketika mendengar penetapan ini, walaupun ia jadwalnya baru hari ini, Kamis (1/8), bisa keluar lantaran kemarin masih ada surat yang harus dibuat di PN Banda Aceh.(sal)

Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas