• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 19 April 2014
Serambi Indonesia

YARA Somasi Gubernur

Jumat, 2 Agustus 2013 13:58 WIB

* Desak Segera Cairkan Beasiswa Yatim

BANDA ACEH - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mensomasi (memperingatkan dengan keras) Gubernur Aceh agar segera membayarkan bantuan pendidikan (beasiswa) untuk 116.604 yatim, piatu, dan yatim piatu di seluruh Aceh. Beasiswa senilai Rp 1,8 juta per anak per tahun ini sudah dialokasikan dalam APBA 2013 sebesar Rp 117.738 miliar, namun hingga berakhirnya bulan ketujuh ini belum disalurkan kepada calon penerima.

Direktur YARA Safaruddin SH kepada Serambi Kamis (1/8) mengatakan, surat somasi itu sudah dikirim pihaknya melalui faksimili ke sejumlah nomor fax di Kantor dan Pendopo Gubernur Aceh, juga ditembuskan ke DPRA. “Sudah kami kirim ke nomor fax Kantor Gubernur, Pendopo, dan DPRA. Kami berharap Gubernur bisa segera menindaklanjutinya,” kata Safaruddin.

Dalam somasi yang turut ditembuskan ke email Serambi, YARA antara lain menyatakan, dana bantuan pendidikan untuk anak yatim, piatu, dan yatim piatu harus segera direalisasikan karena menyangkut kelanjutan pendidikan anak-anak mulai tingkat SD/SDLB/MIN, SMP/MTSN, sampai SMA/SMK/MAN dan dayah. “Bantuan Rp 1,8 juta/orang/tahun atau Rp 900.000/semester sangat dibutuhkan oleh mereka, apalagi ini sudah masuk tahun ajaran baru”.

Menurut Safaruddin, seharusnya Pemerintah Aceh memprioritaskan para anak yatim, apalagi sebagian dari mereka kehilangan orang tua dalam konflik akibat pertikaian politik GAM-RI. “Karena konfliklah mereka yatim. Kalau dilihat dari sejarah, Pemerintahan Aceh sekarang juga tidak terlepas dibangun dari ratapan anak yatim selama masa konflik. Jadi sudah seharusnya Pemerintah Aceh memprioritaskan mereka sebagai sebuah tanggung jawab atas pertikaian politik yang telah membuat mereka yatim piatu,” kata dia.

Safaruddin mengatakan, somasi ini semata-sama untuk mengingatkan seluruh jajaran pemerintah dan rakyat Aceh, agar tidak menyia-nyiakan anak yatim, apalagi di bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri. “YARA melayangkan somasi ini agar kehidupan bernegara selaras dengan nilai-nilai tatanan bernegara, mengingatkan Pemerintah Aceh dan menjaga agar daerah Aceh tidak mendapatkan murka dari Allah SWT,” kata Safaruddin. 

“YARA mengultimatum Pemerintah Aceh untuk segera membayar uang tersebut paling lambat sampai hari Senin tanggal 5 Agustus 2013. Jika tidak dibayarkan, kami akan menggugat Pemerintah Aceh ke jalur hukum,” demikian Safaruddin SH.(nal)

Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
233223 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas