Minggu, 30 Agustus 2015

Yusri Melon Gugur dari Bursa Calon

Sabtu, 3 Agustus 2013 15:23

* Tak Penuhi Syarat Administasi

MEUREUDU - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya menyatakan Ir Yusri Yusuf (Yusri Melon)/Drs Rusli Daud MM, gugur dari bursa calon bupati/wakil bupati pada Pilkada Pidie Jaya 2013. Pasangan yang maju dari jalur perseorangan ini terganjal karena Yusri Melon tidak menyerahkan surat pernyataan pengunduran diri dari kepengurusan partai politik (parpol) tempatnya bernaung, yakni Partai Nasdem.

Keputusan gagalnya Yusri Melon maju sebagai peserta Pilkada Pijay 2013 diputuskan dalam pleno KIP Pidie Jaya, Jumat (2/8). Rapat pleno itu dihadiri seluruh komisioner KIP Pijay, yakni Musman SH, Cut Nur Azizah SE, Firmansyah SSos, Abdullah SH, dan Ir T Barzaini, serta Sekretaris KIP Banta Baihhaqi SPd MM.

Sidang pleno yang membahas hasil verifikasi kelengkapan berkas 38 item persyaratan pencalonan ini, mendapat pengawalan dari 40 personel Polres Pidie.  Rapat di ruang ketua KIP setempat berlangsung tertutup, dimulai pukul 10.00 hingga 12.00 WIB.

“Dari keempat pasangan yang mendaftar, hanya pasangan Yusri Yusuf/Rusli Daud yang tak memenuhi persyaratan administrasi, berupa surat pernyataan pengunduran diri dari keanggotaan parpol,” kata Ketua KIP Pijay, Musman kepada Serambi, usai sidang pleno tersebut, kemarin.

Uji baca Quran
Musman mengatakan, untuk tiga pasangan bakal calon yang sudah lulus tahap administrasi (Lihat, mereka lulus administrasi), akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni uji baca Alquran. Tes mengaji ini akan berlangsung di Masjid Agung Tgk Chiek Pante Geulima, Meureudu, Kamis (15/8) mendatang.  

Musman mengatakan, dalam uji baca Alquran ini pihak KIP hanya sebatasmemfasilitasi saja. Sedangkan tim penguji berasal dari pihak Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).

Halaman12
Editor: hasyim
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas