• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 18 April 2014
Serambi Indonesia

Rumah Murah Terus Melejit

Minggu, 4 Agustus 2013 10:13 WIB
Rumah Murah Terus Melejit
SEJUMLAH pekerja membuat pondasi salah satu dari seratusan rumah murah di Suka Makmue, Nagan Raya 

* Pameran Digelar di Sejumlah Kota Besar

BANDA ACEH - Seiring rencana pemerintah pusat untuk menaikkan harga rumah bersubsidi pada bulan depan, permintaan di Aceh terus melejit dalam dua bulan terakhir. Untuk menyahuti tingginya permintaan masyarakat, Asosiasi Pengembangan Perumahan dan Seluruh Permukiman Indonesia (Apersi) menggelar pameran murah di sejumlah kota pada bulan ini dan September 2013.

Ketua Asosiasi Pengembangan Perumahan dan Seluruh Permukiman Indonesia (Apersi) Aceh, Afwal Winardi ST MT, Sabtu (3/8) menyatakan Kementeri Perumahan Rakyat (Kemenpera) terus mendukung pembangunan rumah murah di seluruh Indonesia. Dia mencontohnya, rumah murah di Suka Makmue, Nagan Raya telah mendapat dukungan penuh dari Kemenpera.

Bahkan, sebutnya, pesanan dari warga Nagan Raya untuk rumah tersebut yang dibandrol Rp 88 juta/unit terus berdatangan dan yang terbaru 16 unit lagi dari para PNS di lingkungan Pemkab Nagan Raya. Sebelumnya, sebanyak 40 pesanan telah masuk dan rumah tersebut sedang dalam tahap pembangunan yang direncanakan dua bulan ke depan sudah siap huni.

Dia mengungkapkan Pemkab Nagan Raya juga memberi dukungan penuh untuk rumah murah yang dibangun pihaknya dengan total 197 unit sampai 2014 mendatang. “Rumah murah terus menjadi buruan para pasangan muda berpenghasilan rendah, termasuk masyarakat lainnya berpenghasilan tetap,” ujarnya.

Dia menyebutkan, tahap pertama dibangun 50 unit dan sisanya, 147 unit lagi dimulai tahun depan, karena biaya pembangunan prasarana umum dari Kemenpera telah cair pada tahun ini. Tetapi, dengan terus masuknya pesanan, yang saat ini sudah mencapai 56 unit, maka yang tahap pertama tetap jadi prioritas dan begitu seterusnya, katanya.

Afwal yang mengaku baru saja dari Jakarta untuk menemui Kemenpera dan Ketua Apersi Pusat di Jakarta menyatakan pembangunan rumah murah di Kuala Simpang, Aceh Tamiang akan dluncurkan seusai lebaran ini. Dia mengungkapkan, animo warga setempat untuk memiliki rumah tersebut cukup tinggi.

Ketua organisasi perumahan satu ini yang memfokuskan pada perumahan murah berharap, sejumlah pemkab/pemko lainnya di Aceh bisa memberikan dukungan, khususnya penyediaan rumah layak huni bagi warganya. “Kami siap bekerjasama dengan seluruh pemkab/pemko di Provinsi Aceh untuk membangun rumah murah layak huni,” jelas Afwal yang dalam dua bulan teakhir ini bolak-balik, antara Banda Aceh-Nagan Raya dan juga Jakarta.

Sementara itu, pameran rumah murah yang digelar di sejumlah kota akan digelar mulai bulan ini secara serentak. Disebutkan, Kota Medan, Banjarmasin, Bogor dan Bandung dilaksanakan dari 18 sampai 27 Agustus 2013.

Sedangkan untuk Kota Malang, Pontianak dan Palembang dari 29 Agustus sampai 2 September 2013. Untuk Kota Semarang, Makassar dan Tangerang, 4 sampai 8 September 2013 dan di Jakarta pada 25-29 September 2013. Afhwal menyatakan untuk Sumatera digelar di Palladium Plaza, Medan.

Afwal juga menyebutkan akan ada pembagian rumah gratis bagi warga miskin yang berjumlah 1.000 unit di seluruh Indonesia. Khusus untuk Aceh, dia menyebutkan belum mengetahui jumlah kuotanya, karena dana diambil dari CSR para developer dibawah Apersi.

“Peluncuran perdana rumah murah gratis ini dilaksanakan oleh Menpera dan Ketua Umum Apersi saat pameran di Palembang dengan hibah 4 unit untuk rakyat miskin,” tandasnya.(muh)

Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
234064 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
berita POPULER

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: side/populer.php

    Line Number: 19

© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas