• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Serambi Indonesia

Panwaslu Se-Aceh Dilantik 20 Agustus

Selasa, 13 Agustus 2013 10:31 WIB

BANDA ACEH - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Aceh telah menetapkan tiga nama sebagai komisioner panwaslu untuk setiap kabupaten/kota di Aceh. Anggota Panwaslu kabupaten/kota yang lulus fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) dijadwalkan dilantik pada 20 Agustus 2013 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

Ketua Bawaslu Aceh, Asqalani mengatakan, perekrutan calon anggota panwaslu kabupaten/kota se-Aceh merupakan kewajiban Bawaslu Provinsi dalam rangka mengawasi penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2014 sebagaimana diamanatkan UU Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu. 

“Tiga nama yang terpilih menjadi anggota panwaslu untuk masing-masing kabupaten/kota kita tetapkan melalui rapat pleno. Para anggota panwaslu ini akan dilantik pada 20 Agustus di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh,” katanya kepada Serambi, Senin (12/8).

Pelantikan anggota panwaslu, kata dia, akan dihadiri oleh Ketua Bawaslu RI yang sekaligus akan menjadi narasumber dalam kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi para anggota panwaslu dengan tema pengawasan yang efektif: pemilu berkualitas dan berintegritas.

“Kami mengharapkan kepada calon terpilih agar dapat hadir tepat waktu serta dapat mengikuti kegiatan pelantikan dan bimbingan teknis dengan tertib dan disiplin, mengingat kegiatan ini merupakan momentum awal dari sebuah tahapan pekerjaan besar yang harus diemban oleh setiap anggota panwaslu yaitu mengawasi dan memastikan penyelenggaraan pemilu terlaksana sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Prosesi pelantikan kali ini, lanjutnya, turut mengundang unsur muspida provinsi, Gubernur Aceh, Ketua DPR Aceh, Kapolda, Pangdam IM, Kajati Aceh, KIP Aceh, bupati/wali kota se-Aceh, dan Ketua DPRK se-Aceh dan Ketua KIP kabupaten/kota se-Aceh.

Asqalani juga mengimbau seluruh lapisan masyarakat termasuk pers, akademisi, pegiat LSM/ormas, dan lain-lain ikut berpartisipasi aktif terhadap pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2014 di Aceh. “Mari kita kawal bersama guna mencegah timbulnya pelanggaran serta menyampaikan laporan kepada Bawaslu Aceh dan Panwaslu Kabupaten/kota bila menemukan dugaan pelanggaran,” demikian Asqalani.(sr)

Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
235674 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas