Rabu, 26 November 2014
Serambi Indonesia

Ini Dia Formasi CPNS di Barat Selatan

Sabtu, 31 Agustus 2013 12:33 WIB

* Tenaga Pendidik dan Kesehatan

TAPAKTUAN - Dua kabupaten di kawasan Barat Selatan, yakni Aceh Jaya dan Aceh Selatan dipastikan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi umum. Sementara Kabupaten Aceh Barat, tidak membuka formasi jalur umum dan fokus pada penyelesaian proses honorer kategori satu (K-1) dan K-2.

Pemkab Aceh Jaya, tahun 2013 diperkirakan menerima sekitar 60 orang CPNS, tetapi kepastian jatah itu masih menunggu surat resmi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan BR).

“Formasi yang diberikan ke kita dalam pertemuan beberapa waktu lalu kuota formasi diberikan sekitar 60-an orang yang akan diterima,” kata Sekda Aceh Jaya, Drs T Irfan TB kepada Serambi, Jumat (30/8) kemarin.

Ia mengatakan, pada saat pengusulan untuk CPNS formasi umum, Aceh Jaya meminta sekitar 100 orang, namun menurutnya yang disetujui sekitar 60-an orang lebih dan resminya masih menunggu surat dari Kemenpan. Formasi yang akan diterima menurut T Irfan yakni, tenaga kependidikan, tenaga medis dan tenaga adminstrasi. “Secara resmi berapa jumlah menunggu surat dari Mempan. Sedangkan proses penerimaan dipastikan akan dilakukan serentak dengan kabupaten lain,” ujar Irfan.      

K-2 tunggu pengumuman
Sekda Aceh Jaya menambahkan, proses seleksi honorer K-2 di lingkup Pemkab Aceh Jaya masih menunggu pengumuman dari Kemenpan. Sedangkan proses seleksi kemungkinan akan dilakukan serentak pada tes CPNS nantinya. Sedangkan honorer K-2 yang diumumkan uji publik beberapa bulan lalu berjumlah 163 orang, namun demikian Pemkab Aceh Jaya mengusul tambahan sekitar 80 orang honorer untuk bisa dimasukkan pada K-2.

Aceh Barat tak Terima
Sementara itu, Kabupaten Aceh Barat untuk tahun 2013 ini fokus pada penyelesaian prosesn tenaga honorer kategori satu (K-1) dan Kategori Dua (K-2) di lingkupa kabupaten tersebut.

Sekda Aceh Barat, Drs Bukhari MM kepada Serambi, Jumat (30/8) mengatakan, Pemkab Aceh Barat tahun ini, tidak menenerima CPNS jalur umum. Pasalnya, Pemkab masih melakukan proses penyelesaian terhadap proses honorer kategori satu (K-1) dan K-2 di lingkup Pemkab. Menurutnya, Pemkab Aceh Barat tahun 2013 memang tidak mengusulkan formasi CPNS, sebab masih menuntaskan honorer serta penataan PNS yang sudah ada.

Formasi Aceh Selatan
Kepala Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Aceh Selatan, Fakhruddin S.Sos saat ditanyai Serambi kemarin mengatakan,

kabupaten itu mendapat jatah 30 formasi guru kelas dan guru produktif. Namun, menurut Fakhruddin karena kebutuhan daerah sesuai analisis jabatan dan kebutuhan dokter spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah dr Yulidin Away (RSU-YA) Tapaktuan, maka disisipkanlah untuk 6 orang dokter spesialis dan dua orang S1 Keperawatan Profesi. “Kita dikasih 30 formasi, karena kebutuhan daerah sesuai analisis jabatan dan kebutuhan dokter spesialis di RSUD-YA Tapaktuan maka disisipkanlah 6 orang dokter spesialis. Sehingga Formasi guru kelas dan guru produktif yang akan ditempatkan di SMK tadinya 30 orang menjadi 22 orang,” jelas Fakhruddin.

Tak harus putra daerah
Fakhruddin juga mengatakan, peserta dari luar Aceh nantinya akan membuat fakta integritas yang isinya tidak akan meminta pindah dari Aceh Selatan setelah lulusn menjadi CPNS tahun 2013. Hal itu menurutnya perlu dibuat supaya nantinya setelah lulus CPNS di Aceh Selatan yang bersangkutan tidak ada alasan untuk minta pindah.

Sementara itu, Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra SH menegaskan, pada rekrutmen CPNS tahun 2013 ini Pemkab Aceh Selatan tidak membatasi harus putra/putri daerah, namun rekrutmen tersebut terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia. “Rekrutmen ini terbuka untuk seluruh warga Indonesia. Kalau syarat dan kriterianya terpenuhi silahkan ikut, karena yang dinilai bukan asalnya, namun kemampuan,” jelasnya. (riz/tz)

Formasi di Aceh Selatan

* 1 orang Spesialis THT
* 1 orang Patologi Klinik
* 1 orang Radiologi
* 1 orang Rehab Medik
* 2 orang Spesialis Mata
* 2 orang S1 Keperawatan Profesi
* 4 orang Teknik Pendidikan Otomotif
* 2 orang untuk SMKN Kluet Selatan
* 2 orang untuk SMKN Meukek
* 9 orang S1 Pendidikan Teknik Informatika
* 3 orang S1 Pendidikan Akuntansi
* 1 orang S1 Pendidikan Teknik Sipil
* 2 orang S1 Pendidikan Teknik Mesin

Editor: hasyim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas