• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Serambi Indonesia

ORI 10 Sudah Bisa Dipesan

Sabtu, 31 Agustus 2013 11:44 WIB

* Penawaran Dibuka Mulai 20 September

BANDA ACEH - Pemerintah kembali menerbitkan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI010. Penawaran ORI010 akan dibuka pada tanggal 20 September sampai 4 Oktober mendatang. Bagi yang berminat untuk membeli ORI010, pemesanannya sudah bisa dilakukan mulai sekarang.

ORI merupakan instrumen investasi berupa obligasi negara yang dijual kepada individu atau perseorang melalui agen penjual di pasar perdana. ORI dijamin oleh pemerintah dan biasanya ada aset yang dijaminkan.

“Penawarannya dibuka tanggal 20 September sampai 4 Oktober. Namun bagi yang ingin membeli sudah bisa memesan dari sekarang, sebab seperti tahun-tahun sebelumnya, dua hari sejak dibuka kupon ORI sudah habis terjual,” kata Kepala Pusat Informasi Pasar Modal Bursa Efek Indonesia Perwakilan Aceh Tasrif Murhadi, kepada Serambi seusai acara Pre Marketing ORI 010 di Hotel Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Jumat (30/8).

Dijelaskan, minimal nilai pemesanan ORI010 adalah Rp 5.000.000, sedangkan untuk pemesanan maksimal adalah Rp 3 miliar. “Bunganya belum ditentukan, mungkin nanti menjelang dibukanya penawaran,” terang Tasrif.

Terkait peminatnya di Aceh, Tasrif menjelaskan bahwa peminat ORI di Aceh mulai tinggi. ORI009 yang diterbitkan sebelumnya, ia sebutkan dibeli 37 efek (investor) dengan KTP Aceh. Sampai Juli kemarin, secara nasional tercatat sebanyak 23.127 investor ritel yang membeli ORI tersebut.

“Tentunya setiap serinya kita melihat animo masyarakat sangat tinggi membeli ORI ini, karena ORI ini sama sekali tidak memiliki resiko apapun dan sepenuhnya di tanggung oleh pemerintah. Tentunya kupon ORI lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN lainnya,” katanya.

Disinggung masalah suku bunga yang naik dan akan mempengaruhi peminat ORI, Tasrif mengatakan, kemungkinan suku bunga naik akan mempengaruhi pembelian ORI pada seri ORI010 ini, namun menurut dia, animo masyarakat sampai dengan kemarin masih tinggi.(ni)

Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
242463 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas