Kamis, 18 Desember 2014
Serambi Indonesia

Website tak Jelas, Pendaftar CPNS Abdya Bingung

Senin, 2 September 2013 09:00 WIB

BLANGPIDIE - Peminat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Abdya untuk mengisi formasi tahun 2013, dilanda kebingungan untuk mendaftar secara online. Pasalnya, mereka tidak tahu alamat situs atau website untuk mendaftar.

Sementara  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) sudah mengeluarkan surat edaran bahwa pengumuman penerimaan, pendaftaran pelamar dan seleksi administrasi CPNS dari pelamar umum dilakukan pada 1-28 September 2013 atau dimulai sejak, Minggu (1/9) kemarin.

“Kami bigung, karena tidak tahu alamat situs atau website untuk mendaftar sebagai CPNS, sementara pemerintah telah mengumumkan bahwa pendaftaran pelamar sudah dimulai hari ini,” ungkap Asmarijani, warga Desa Rambong, Kecamatan Setia kepada Serambi, Minggu (1/9) kemarin.  Kebingungan yang sama, menurut mereka juga dialami cukup banyak peminat yang lain yang ingin mendaftar sebagai peserta pada hari pertama dibuka pendaftaran secara online. Bukan saja alamat situs tidak diketahui (tidak diumumkan oleh pemerintah), menurut Asmarijani, cukup banyak calon tidak tahu bagaimana  mendaftar secara online (internet).

Peminat CPNS di Abdya yang jumlahnya ribuan hanya mendapat informasi, bahwa formasi CPNS Abdya tahun 2013 hanya terbatas untuk tenaga guru SD (guru kelas) dan guru produktif (guru SMK) sebanyak 50 orang. Kemudian informasi pendafataran peserta mulai dilakukan sejak 1-28 September secara online. “Tapi alamat situs pendaftaran, dan kualifikasi pendidikan apa saja yang diterima, tidak diumumkan pemerintah,” ungkap Akmal, sarjana PAI, ini.

Dampaknya, menurut Asmarijani dan Akmal, banyak peminat yang ingin mengadu nasib sebagai CPNS, hingga Minggu (1/9) sibuk bertanya ke sana ke mari tentang banyak hal, alamat situs, kualifikasi pendidikan yang diterima dan banyak hal lainnya yang dinilai masih kabur. “Kalau begini caranya, kami sudah kalah sebelum berperang,” tandas salah seorang yang menyandang sarjana pendidikan di Blangpidie.

Seperti diberitakan Serambi edisi Kamis, 29 Agustus 2013, Men PAN dan RB RI melalui surat edaran Nomor: SE/10/M.PAN-RB/08/2013, menjelaskan, pengumuman penerimaan, pendaftaran pelamar, dan seleksi administrasi CPNS dari pelamar umum yang menggunakan sistem Lembaran Jawaban Komputer (LJK) dan sistem Computer Assisted Test (CAT), dilakukan 1-28 September 2013. Pelaksanaan TKD pelamar umum dengan sistem LJK, dilaksanakan pada 3 November 2013.  Adapun formasi CPNS 2013 yang disetujui Men PAN dan RB RI untuk Kabupaten Abdya sebagaimana dijelaskan Seketaris Daerah (Sekda) Abdya, Drs Ramli Bahar kepada Serambi tiga hari lalu, hanya formasi tenaga guru kelas (guru SD) dan guru prokduktif (guru SMK) sebanyak  50 orang.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Abdya, Drs Yafrizal ketika dihubungi Serambi, Minggu (1/9) sore, kemarin, juga mengaku belum mengetahui alamat situs atau website yang dapat digunakan untuk mendaftar CPNS formasi 2013. “Kami juga belum tahu, dan masih menunggu pemberitahuan dari  Men PAN dan RB menyangkut dengan alamat situs atau website yang dapat digunakan untuk mendaftar,” ungkap Yafrizal.

Soal rincian kualifikasi pendidikan pelamar umum guru kelas dan guru produktif, Kepala BKPP Abdya, Yafrizal menjelaskan, menindaklanjuti surat edaran Men PAN dan RB tentang formasi 50 CPNS tenaga guru kelas dan guru produktif tersebut, Bupati Abdya sudah mengusulkan kepada Men PAN dan RB tentang ricinan formasi 50 orang, yaitu 5 orang untuk guru kelas (guru SD) dan 45 guru produktif (guru SMK).(nun)

Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas