• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 29 Agustus 2014
Serambi Indonesia

KIP Lakukan Uji Petik untuk Pemilih Pemula

Sabtu, 7 September 2013 14:38 WIB

* 13 Siswa tak Terdaftar dalam Sidalih

LHOKSUKON - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara melakukan uji petik daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) di SMAN 1 Lhoksukon, Aceh Utara, Jumat (6/9). Tujuannya untuk mengecek keakuratan DPSHP di kabupaten itu sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) pada 13 September mendatang.

“Kegiatan itu diikuti 40 siswa dari tiga sekolah di Lhoksukon. Hasil uji petik, 13 siswa belum terdaftar dalam sistem informasi data pemilih (Sidalih) KPU. Padahal, di data manual yang ada di kecamatan mereka sudah terdaftar sebagai pemilih,” sebut Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih, KIP Aceh Utara, Rizwan Haji Ali, kepada Serambi kemarin.

Termuan lainnya, sambung Rizwan, pihaknya menemukan masih ada kekeliruan penulisan nama dan jenis kelamin pemilih. “Terhadap temuan ini, KIP segera memperbaikinya, agar kualitas daftar pemilih menjadi lebih baik,” ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya akan mengadakan uji petik di kecamatan lainnya dalam kabupaten itu. Selanin itu, sambung Rizwan, pihaknya mengimbau bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2014 mendatang, segera melaporkan diri pada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) atau petugas pemutan suara (PPS) di masing-masing desa. Sehingga, pada Pemilu 2014 seluruh masyarakat terdaftar sebagai pemilih dan menggunakan hak pilihnya.

Untuk diketahui, dari 392.520 pemilih sementara yang terdaftar saat ini, sebanyak 3.200 pemilih merupakan pemilih pemula yang berusia 17-18 tahun. Dari data itu, sekitar 214 pemilih pemula berada di Kecamatan Lhoksukon.(c46)

Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
245783 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas