Jumat, 28 November 2014
Serambi Indonesia

Pidie Bangun 295 Rumah Duafa

Senin, 16 September 2013 09:03 WIB

SIGLI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie memplotkan dana Otsus Kabupaten senilai Rp 17,7 miliar untuk pembangunan 295 unit rumah duafa pada tahun 2013 ini.

“Saat ini pematokan lokasi sudah dimulai. Kami targetkan, Desember 2013 pembangunannya selesai,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Pidie, Ir Syamsurrizal, Minggu (15/9).

Selain 295 unit rumah duafa di Pidie yang dibiayai dana otsus, katanya, ada 72 unit lagi yang dibangun Baitul Mal Provinsi. Kemudian 168 unit didanai APBA dan dikerjakan pihak pemerintah provinsi. Untuk yang didanai APBA dan Baitul Mal Aceh, semua proses tender dan kontrak dilakukan di provinsi.

Sehingga, total rumah dibangun tahun ini sebanyak 535 unit dari tiga sumber dana (Otsus Kabupaten, APBA, dan Baitul Mal). “Namun yang kami tangani cuma 295 unit dari dana Otsus,” jelas mantan Kadis Sumber Daya Air Pidie ini.

Dia menjelaskan, kriteria untuk mendapatkan bantuan rumah itu adalah mereka yang tidak mampu atau kategori miskin. Tiap calon penerima didata oleh keuchik, selanjutkan diusul ke kecamatan. Lalu Dinas Sosial Kabupaten melakukan verifikasi data.

Rumah yang dibangun nantinya adalah tipe 36 permanen, dilengkapi kamar mandi, kamar tidur, dan dapur. Sehingga rumah itu menjadi rumah yang laik huni.

Bagi warga Pidie yang belum mendapat rumah bantuan tahun ini, dia mengatakan agar bersabar, karena tahun depan masih ada lagi pembangunan rumah sejenis.

“Untuk tahun ini kami hanya mendapat 295 unit, akan tetapi bagi yang tidak mendapat tahun ini akan diusahakan tahun berikutnya,” jelasnya.(aya)

Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas