• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 Juli 2014
Serambi Indonesia

Bawaslu Perintahkan Rekrut Panwascam

Sabtu, 21 September 2013 14:50 WIB

BANDA ACEH - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh memerintahkan kepada seluruh panitia pengawas pemilu (panwaslu) untuk segera merekrut dan membentuk Panitia Pengawas Kecamatan (panwascam). Perintah ini ditujukan kepada Panwaslu kabupaten/kota se-Aceh, yang dilantik oleh Bawaslu di Banda Aceh, tanggal 20 Agustus 2013 lalu.

Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu Aceh, Muklir mengatakan, hingga kemarin, baru empat kabupaten kota yang sudah melakukan perekrutan panwascam. Keempat daerah tersebut adalah Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Utara, dan Aceh Selatan.

“Ada 17 kabupaten/kota lain yang belum kita terima laporannya terkait perekrutan panwascam. Ini tidak termasuk dua daerah, yaitu Pidie Jaya dan Subulussalam, karena kedua daerah tersebut sedang dalam proses pemilihan kepala daerah (pemilukada). Oleh karena itu kita imbau agar ke-17 kabupaten/kota lainnya juga segera merekrut dan membentuk panwascam, agar pengawasan pelaksanaan tahapan pemilu di Aceh dapat berjalan optimal,” katanya kepada Serambi, Jumat (20/9).

Kewenangan perekrutan panwascam ini, kata dia, ada pada panwaslu kabupaten/kota. Bawaslu Aceh hanya memantau dan mengkoordinir proses rekrutmen yang dilakukan panwaslu di tiap-tiap daerah.

“Untuk soal untuk ujian tulis kita (Bawaslu Aceh) yang meyiapkan dan soal tersebut seputar kepemiluan dan peraturan perundang-undangan. Sementara teknis lainnya seperti tempat dan waktu pelaksanaan ujian kita serahkan sepenuhnya kepada panwaslu kabupaten/kota,” jelasnya.

Ia juga mengimbau masyarakat  yang ingin menjadi panwascam, bisa mempersiapkan diri dengan menyiapkan segala dokumen persyaratan administrasi yang diperlukan. “Mengenai pendaftaran, bagi kabupaten/kota yang belum melakukan perekrutan akan diumumkan melalui media, seperti di empat daerah yang sudah melakakukan proses perekrutan,” ujarnya.

Anggota Panwascam ini, lanjutnya, berjumlah tiga orang untuk setiap kecamatan. “Sebelum terpilih, mereka harus mengikuti berbagai seleksi tahapan sepertipersyaratan administrasi, ujian tulis, dan tes wawancara,” demikian Muklir.(sr)

tahapan perekrutan
panwascam
* Pengambilan dan pengembalian berkas pendaftaran
* Verifikasi persyaratan administrasi
* Ujian tulis
* Tes wawancara
* Dari 23 kabupaten/kota, baru empat daerah yang sudah mulai merekrut panwascam, yakni Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Utara, dan Aceh Selatan.

Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas