• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Nagan Pamer Pelaminan Raja Beutong

Sabtu, 21 September 2013 13:48 WIB
Nagan Pamer Pelaminan Raja Beutong
FOTO/HUMAS PEMKAB NAGAN RAYA Pekerja menata Pelaminan Mercu yang merupakan pelaminan khas Kerajaan Beutong Banggalang, Kabupaten Nagan Raya. Warisan budaya ini ditampilkan di Anjungan Nagan Raya di arena Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 6 di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh. Foto direkam Kamis (19/9).

* Terbuat dari Benang Emas dan Berusia Ratusan Tahun

SUKA MAKMUE - Kabupaten Nagan Raya pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-6, akan menampilkan pelaminan peninggalan Kerajaan Beutong Ateuh Banggalang atau Pelaminan Mercu, di Anjungan Nagan Raya di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh. Pelaminan Mercu adalah pelaminan yang digunakan para raja di masa lampau.

Kepala Bagian Humas Setdakab Nagan Raya, Asda Kesuma kepada Serambi, Jumat (20/9) kemarin, melaporkan Pelaminan Mercu yang ditampilkan ini terbuat dari sulaman benang emas (Kasab). Pelaminan ini merupakan pelaminan yang hanya boleh digunakan pada pesta pernikahan di kalangan kerajaan atau keturunan raja.

Asda Kesuma mengatakan, walaupun sudah berusia ratusan tahun, pelaminan khas kerajaan ini masih terus dirawat dan dilestarikan oleh Pemerintah Nagan Raya. Namun, ada beberapa bagiannya terpaksa diperbaharui karena sudah rusak termakan usia.

Meski sampai saat ini masih digunakan, namun Pelaminan Mercu ini tetap saja digunakan oleh kalangan tertentu saja. Kata Asda, pelaminan ini terbuat dari sulaman benang emas kasab yang terdiri atas 14 buah, kasur (tempat duduk) 2 buah, kasur di bagian kaki 2 buah, tikar, tikar balut bantal 2 buah, serta bagian dinding beraneka warna sebanyak 16 jenis disertai dengan hiasan aneka pernak-pernik lainnya.

“Bagi masyarakat yang penasaran dengan pelaminan Kerajaan Beutong Banggalang ini, bisa mendatangi Anjungan Kabupaten Nagan Raya di arenaPKA,” demikian Asda Kesuma.(edi)

Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas