• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 3 September 2014
Serambi Indonesia

Nagan Raya Tampilkan Manoe Pucok

Sabtu, 28 September 2013 13:52 WIB
Nagan Raya Tampilkan Manoe Pucok
Pelaku seni menampilkan manoe pucok (mandi pucuk) bagi pengantin mempelai perempuan di Anjungan Nagan Raya di Arena Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 6 di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh, Kamis (26/9) malam.FOTO/HUMAS PEMKAB NAGAN RAYA

SUKA MAKMUE - Anjungan Kabupaten Nagan Raya menampilkan Manoe Pucok (tradisi mandi pengantin perempuan) dan Peuayoen Aneuk (Mengayun Anak) menjelang tidur dalam Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 6 di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh.

Penampilan kesenian Manoe Pucok yang dilakukan oleh pelaku seni dari Nagan Raya ini membuat sebagian penonton terharu dan menangis, karena mendengar syair dan syiar yang disampaikan dalam kebudayaan khas Aceh tersebut. Manoe Pucok ini dilakukan di rumah pengantin perempuan.

Sementara itu dalam kegiatan Peu Ayoen Aneuk, Nagan Raya juga berhasil memukau pengunjung dengan lantunan syair khas Aceh. Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik anak dari bayi sehingga nantinya ketika tumbuh dewasa bisa menjadi generasi yang baik dan berakhlak mulia, serta pintar dan berwawasan luas.

“Kabupaten Nagan Raya tetap mengisi Pekan Kebudayaan Aceh ini dengan sejumlah kegiatan budaya tradisional, sehingga budaya dan adatmasyarakat di wilayah ini terus berkembang dan lestari,” kata Kabag Humas Setdakab Nagan Raya, Asda Kesuma, dalam laporan yang diterima Serambi, Jumat (27/9).(edi)

Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
253273 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas