• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 29 Juli 2014
Serambi Indonesia

Tanggapan Dinas:

Sabtu, 12 Oktober 2013 12:03 WIB

Itu Pajak dan Sumbangan ZIS

KEPALA Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat Teuku Usman Basyah yang dikonfirmasi Serambi, kemarin mengaku pemotongan dana sertifikasi para guru di wilayah ini yang diakui para guru sebesar Rp 230.000/orang itu bukanlah pemotongan.

Melainkan, dana ini dipotong sesuai dengan pajak dan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) sesuai surat edaran dari Bupati Aceh Barat yang memerintahkan supaya gaji para guru atau PNS dipotong sebesar 2,5 persen.

Sedangkan pajak untuk para guru golongan IV dipotong sebesar 15 persen dan golongan III sebesar 5 persen. “Dana sertifikasi itu merupakan bagian dari gaji, makanya dipotong ZIS dan pajak,” terang T Usman Basyah.

Ditanyai Serambi ada keterangan para guru bahwa pemotongan sebesar Rp 230.000/orang ini baru kali ini dilakukan, hal itu ditegaskannya bahwa aturan pemotongan tersebut sudah lama berlaku. Bahkan pemotongan ini memang harus dilakukan sesuai dengan aturan yang ada. Sehingga para guru diminta untuk memakluminya.

“Kalau kita dengarkan para guru memang banyak protesnya. Nggak dibayar protes, sudah dibayar protes, itu kan aneh,” tambahnya.

Ia mengakui pemotongan dana sertifikasi para guru di Aceh Barat untuk pajak dan untuk biaya Zakat, Infak dan Sedekah. Pemotongan tersebut menurut Teuku Usman Basyah juga didasarkan pada tingkatan golongan pangkat setiap guru yang sudah berstatus sebagai guru sertifikasi.

Ia juga menjelaskan, total dana sertifikasi yang disalurkan untuk para guru di Aceh Barat ini mencapai Rp 7,7 miliar. Tentunya dalam penyalurannya tidak seutuhnya dilakukan, karena harus dipotong pajak. (edi)

Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: side/topik_populer.php

    Line Number: 11

TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas