Selasa, 28 April 2015

Dua Pedang Berlapis Emas Ditemukan di Lokasi Penemuan Koin Emas

Rabu, 13 November 2013 20:52

Dua Pedang Berlapis Emas Ditemukan di Lokasi Penemuan Koin Emas
Dua pedang yang ditemukan di lokasi penemuan harta karun (Foto: Salman/Okezone)

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Setelah digegerkan dengan penemuan ratusan koin emas kuno di kuala Krueng Doy, Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja, warga Gampong Pande, kembali dibuat heboh. Dua pedang kuno ditemukan di sekitar lokasi itu.

Pedang yang panjang masing-masingnya mencapai satu meter itu diperkirakan peninggalan Kerajaaan Aceh. Pangkal gagangnya berbentuk kepala singa dan berukir seperti tulisan Arab. Bilahnya bermotif bunga. Gagang dan ringnya diyakini berlapis emas, sedangkan sarungnya terbuat dari perunggu.

Berdasarkan informasi dihimpun dari sejumlah warga, pedang itu mulanya ditemukan seorang warga Aceh Timur yang belum diketahui identitasnya siang tadi.

“Ia mengaku bermimpi bertemu harimau kemudian dia diperintahkan untuk ke lokasi itu,” kata Saiful (35), seorang warga Gampong Pande kepada wartawan, Rabu (13/11/2013).

Tadi malam warga itu mendatangi lokasi yang letaknya sekira 20 meter dari lokasi temuan koin di muara Kreung (Sungai) Doy. Lokasi ini terbilang sepi karena kebanyakan warga fokus mencari koin emas pada titik temuan pertama.

Ia kemudian memasukkan dua pedang itu ke dalam karung, kemudian meninggalkan lokasi. Beberapa warga kampung mencurigai gerak-gerik pria itu.

“Warga memeriksa karung yang dia bawa dan menginterogasinya. Saat itulah dia mengaku bermimpi, kemudian diperintahkan ke lokasi,” ujar Saiful.

Halaman12
Editor: faisal
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas