40 Proyek APBK Pidie belum Rampung

Hingga pertengahan Desember, sebanyak 40 dari 103 paket proyek APBK Pidie tahun 2013 belum selesai

* Rekanan Terancam Diblacklist

SIGLI - Hingga pertengahan Desember, sebanyak 40 dari 103 paket proyek APBK Pidie tahun 2013 belum selesai. Jumlah tersebut belum termasuk sejumlah proyek lainnya yang tidak ditender yang jenis Penunjukkan Langsung (PL).

Koordinator Pidie Transparansi Anggaran (PiTA), Ismail Von Sabi kepada Serambi Jumat (13/12) mengungkapkan, seharusnya Pemkab Pidie memanggil rekanan yang belum menyelesaikan proyek. “Sangat disayangkan, masih banyak proyek APBK Pidie tak selesai dikerjakan apalagi sudah akhir tahun. Ini disebabkan Pemkab Pidie lemah dalam memantau kondisi proyek di lapangan,”jelas Ismail Von Sabi.

Menurut Ismail, penyebab lambannya penyelesaian proyek juga salah satunya banyak rekanan adalah orang dekat. Sehingga tersirat budaya lama yakni kulusi dan nepotisme masih kental di Pidie.

Maka itu, PiTA meminta Pemkab Pidie memblacklist saja para rekanan yang tidak mampu menyelesaikan proyeknya sesuai waktu yang tertera dalam kontrak kerja. “Jangan diberi lagi proyek ke depan kepada rekanan yang tidak becus dan tak sanggup menyelesaikan proyek tepat waktu,” tegas Ismail.

Sementara itu, data diperoleh Serambi di Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Pidie, total paket proyek 2013 sumber dana APBK sebanyak 103 paket. Sudah selesai 63 paket, dan 40 paket masih dalam pengerjaan. Dari data hingga November 2013, paling banyak paket belum siap di Dinas Bina Marga dan Cipta Karya yang mencapai 21 paket. Disusul Dinas Pendidikan dan Sumber Daya Air masing-masing enam paket.

Selanjutnya, Dinkes dua paket. Dan dinas lainnya masing-masing tersisa satu paket proyek belum rampung dikerjakan. Sedangkan sudah selesai 100 persen adalah ada tujuh dinas. Ketujuh instansi itu adalah Bappedalda, Dinas Kelautan Perikanan, Pengelola Keuangan. Kemudian DPRK, BLU Rumah Sakit Umum dan sekretariat serta Disperindag.(aya)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved