• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 20 Agustus 2014
Serambi Indonesia

Mendoakan Orang Lain

Kamis, 19 Desember 2013 08:46 WIB

Oleh Jarjani Usman

“Tiada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, `Dan bagimu juga kebaikan yang sama’” (HR. Muslim).

Yang paling gampang dan kerap terdengar dilakukan orang adalah menghujat, bila ada sesuatu yang dianggap tidak sesuai dengan selera hati.  Padahal hujatan seringkali bukannya menyelesaikan masalah, tetapi malah menambah parah masalah yang ada sekaligus menimbulkan masalah baru.  Orang yang dihujat menjadi sakit hati, yang menghujatpun menjadi berdosa.  Tentunya tak pantas bagi orang mukmin mengumpulkan dosa setiap hari; yang pantas dilakukan adalah mengumpulkan pahala, misalnya, melalui doa untuk kebaikan orang lain. 

Sebagaimana disebutkan dalam suatu hadits, mendoakan kebaikan untuk orang lain sama artinya mendoakan kebaikan untuk diri sendiri.  Apalagi malaikat langsung membalasnya dengan mendoakan kebaikan bagi yang ikhlas mendoakan.  Jadi kebaikannya berganda, untuk orang lain dan untuk diri sendiri.  Apalagi doa seorang muslim untuk orang yang tak diketahui olehnya adalah doa yang mudah dikabulkan.

Munculnya kenginan untuk mendoakan kebaikan untuk orang lain adalah wujud dari desakan keimanan yang kuat di dalam hati. Dengan kata lain, itu tradisi orang-orang beriman, yang sepantasnya kita ajak diri untuk menirunya.  Lagipula Rasulullah SAW telah bersabda, “Tidak beriman di antara kalian hingga dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri” (HR. Al-Bukhari dan Muslim). 

Karena itu, mari merubah kebiasaan menghujat menjadi kebiasaan mendoakan kebaikan.  Apalagi doa untuk kebaikan para pemimpin, yang hasil kerja baiknya juga akan ikut kita rasakan bersama.

Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
284613 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas