• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 30 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Untuk LPSDM Aceh; Syarat TOEFL terlalu Tinggi

Rabu, 15 Januari 2014 12:39 WIB

SEBELUMNYA, kami bersyukur kepada Allah dan terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang sudah melanjutkan kembali program beasiswa-yang sempat cooling down beberapa waktu. Selanjutnya, kita juga sangat mengapresiasi kerja keras Pemda, terutama LPSDM yang telah menjajaki kerja sama dengan banyak perguruan tinggi di luar negeri. Tahun ini, misalnya, khusus untuk Beasiswa S1 yang diselenggarakan melalui kerja sama antara Pemda dan Georgetown University School of Foreign Service, persyaratan kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan Skor TOEFL minimal 525, menurut saya kurang tepat. Angka ini terlalu tinggi, jangankan bagi para siswa, para pengajar sekalipun belum tentu mampu meraih skor TOEFL setinggi itu.

Saya paham bahwa kuliah di luar negeri membutuhkan kemampuan bahasa asing (Bahasa Inggris, dll) sesuai standar perguruan tinggi tersebut. Seharusnya untuk tahap seleksi administrasi, mungkin cukup di bawah 450. Setelah lulus, selanjutnya LPSDM menempa mereka dengan pelatihan intensif supaya bisa memenuhi kualifikasi bahasa yang diakui dunia international.

Dengan menetapkan syarat TOEFL <450, Saya yakin akan lebih banyak anak-anak Aceh yang bisa mendaftar beasiswa tersebut. Kalau tidak, tujuan pemerataan kesempatan seperti yang diharapakan hanya bersifat semu alias lips service saja. Karena faktanya, memang hanya sedikit anak di usia SMA memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang bagus.

Untuk itu, hemat saya, kalau tujuannya untuk pemerataan kesempatan dan peningkatan SDM, jika pun tahun ini tidak bisa diubah lagi, maka ada baiknya untuk kesempatan beasiswa yang akan datang. Saya yakin bahwa peran LPSDM melalui program beasiswa akan menentukan wajah Aceh 20-30 tahun yang akan datang. Semoga!

Muhammad Adam
Guru Terpencil di Aceh Utara
Email: adamyca@gmail.com

Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas