• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Serambi Indonesia

Pengumuman Lulus Honorer Kategori 2 Dipertanyakan

Rabu, 29 Januari 2014 10:34 WIB

* Digeser ke Medio Februari

BLANGPIDIE – Ratusan tenaga honorer kategori II (K2) di Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Barat, dan Kota Lhokseumawe, Selasa (28/1) kemarin mempertanyakan kepastian kapan diumumkan hasil seleksi CPNS 2013 dari peserta tenaga honorer K2. Soalnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pernah menjadwalkan akan mengumumkannya pada akhir Januari 2014. Tapi hingga kemarin belum ada tanda-tandanya.

Yang mencuat kemarin justru isu bahwa pengumuman hasil seleksi itu ditunda lagi. Penyebab ditunda, disebut-sebut, karena hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) peserta dari Sumatera sebagian besar tak memenuhi passing grade yang ditetapkan sehingga tak memenuhi kuota kelulusan. 

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Abdya, Drs Yafrizal, yang dihubungi Serambi Selasa kemarin mengaku telah mendapat informasi secara lisan bahwa hasil seleksi CPNS 2013 dari honorer K2 Kabupaten Abdya (termasuk daerah lainnya), ditunda lagi. “Masih belum bisa diumumkan pada akhir Januari 2014, sebagaimana jadwal yang ditetapkan Kemenpan RB,” kata Yafrizal di Blangpidie.

Akan tetapi, Kepala BKPP Abdya itu mengaku tak tahu persis alasan sehingga hasil tes CPNS dari honorer K2 tidak bisa diumumkan pengujung bulan ini. “Dari info lisan yang saya dapat, hasil seleksi tersebut belum diteken oleh Menpan sehingga belum bisa diumumkan pada akhir bulan ini,” ujar Yafrizal.

Tentang alasan penundaan hasil seleksi CPNS tersebut yang kabarnya terkait hasil TKD dan TKB peserta dari Sumatera sebagian besar tak memenuhi passing grade, sehingga tak memenuhi kuota kelulusan, Yafrizal menyatakan informasi itu tidak cukup jelas akurasinya.

Tak pastinya hasil seleksi itu diumumkan akhir bulan ini (yang tinggal dua hari lagi) juga menjadi bahan perbincangan di Kota Lhokseumawe kemarin. Beberapa peserta seleksi dari kelompok honorer K2 untuk Lhokseumawe merasa seperti diombang-ambingkan karena belum ada kepastian tanggal pengumuman. “Sepertinya molor lagi nih,” kata seorang peserta seleksi.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Lhokseumawe, Miswar yang dihubungi Serambi kemarin siang mengaku jadwal pengumuman hasil seleksi kembali bergeser.

Kali ini bergeser ke bulan Februari 2014. Namun tanggalnya belum pasti, meski ada yang menyebut-nyebut kemungkinan tanggal 4.

Tapi, menurut Miswar, pada awal Februari pun belum pasti bisa diumumkan. “Hanya direncanakan saja karena kapan pastinya diumumkan itu masih menunggu surat resmi dari Menpan RB,” ujarnya via telepon.

Saat ditanyai, Miswar mengaku sedang berada di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Medan, Sumatara Utara. Ada pun informasi yang ia sampaikan kepada  Serambi itu berdasarkan apa yang dia serap dalam pertemuan yang diikutinya di Medan.

Tentang alasan penundaan pengumuman K2, menurut Miswar, hal itu terjadi karena tim panitia seleksi nasional belum selesai menganalisis tingkat kebutuhan PNS di masing-masing daerah untuk disesuaikan dengan jumlah honorer yang lulus dari hasil ujian tes tulis beberapa bulan lalu.  Atas dasar itu ia meminta para honorer K2 bersabar dengan adanya penundaan jadwal pengumuman ini.

Miswar juga mengakui, wacana untuk meloloskan 30 persen honorer K2 dari total peserta ujian tulis di masing-masing daerah, tampaknya semakin kuat. Hal ini sehubungan gaji CPNS untuk honorer K3 yang terplot dalam anggaran 2014 untuk masing-masing daerah hanyalah 30 persen dari total honorer K2 yang ikut ujian tulis. “Namun begitu, bisa saja jumlah kelulusan tersebut berubah, walaupun sekarang peluangnya sudah kecil,” demikian Miswar.

Dari Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat dilaporkan, jadwal pengumuman kelulusan 1.099 honorer K2 yang ikut tes CPNS pada 3 November 2013, mulai dipertanyakan. Pasalnya, hingga kemarin tak ada kepastian kapan akan diumumkan. Padahal dulunya dijanjikan pemerintah akan diumumkan pada minggu keempat Januari 2014.

“Kalau sudah ada pengumumam maka semuanya jadi jelas. Ini terkesan seperti main-main,” kata seorang honorer K2 yang minta namanya tidak ditulis.

Kepala BKPP Aceh Barat, Bambang Surya Bakti yanya ditanyai kemarin, mengaku berdasarkan informasi yang ia peroleh saat membaca keterangan Menpan RB pada Website Kemenpan RB bahwa pengumuman diundur ke pertengahan Februari 2014. Namun, pihaknya masih menunggu surat resmi dari pusat, sebab sejauh ini masih belum ada informasi resmi sehingga belum dapat disimpulkan apakah diundur hingga medio Februari atau akan diumumkan dalam waktu dekat.

Menurut Bambang, laporan awal memang benar bahwa akan diumumkan pada akhir Januari 2014, tetapi hingga Selasa, pihak BKPP Aceh Barat tak mendapat surat resmi baik dari Kemenpan RB, BKN, ataupun BKPP Aceh tentang pengumuman hasil seleksi pada akhir bulan ini. “Kita masih menunggu kelanjutannya,” demikain Bambang. (nun/bah/riz)    

Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas