Menatap Aceh

Pulau Banyak Bertabur Pesona

DARI 23 kabupaten/kota di Aceh, Kabupaten Aceh Singkillah yang memiliki pulau paling banyak

Pulau Banyak Bertabur Pesona

DARI 23 kabupaten/kota di Aceh, Kabupaten Aceh Singkillah yang memiliki pulau paling banyak. Di gugus Kepulauan Banyak (terdiri atas Kecamatan Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat) terdapat 99 buah pulau. Jumlah pulau itu sama dengan Asmaul Husna (nama-nama Allah).

Meski tak semuanya berpenghuni, masing-masing pulau memiliki daya tarik tersendiri. Banyak pulau di sini yang keindahannya setara dengan pantai Iboih, Gapang, atau Pulau Rubiah di Sabang. Setiap jengkal laut Pulau Banyak bertabur pesona. Hampir semua keindahan pantai Bunaken dan Raja Ampat ada di sini.

Kapal yacht yang mengangkut turis asing dari Nias atau langsung dari luar negeri sering sandar di kawasan ini. Mereka biasanya mampir di Pulau Palambak Besar atau Palambak Kecil, untuk mengambil air bersih atau sekadar menikmati seaworld-nya Pulau Banyak yang tak terpermanai. Pulau Tailena, Rago-rago, Pulau Panjang, atau Pulau Matahari juga menawarkan pesona bawah laut yang luar biasa, sehingga banyak turis yang snorkeling atau scuba diving untuk melihat dari dekat beragam terumbu karang dan bercengkarama dengan aneka ikan hias. Gurita, teripang, kima, lolak, dan akar bahar melengkapi keindahan bawah laut Kepulauan Banyak.

Di Haloban atau Pulau Tuwanku terdapat banyak populasi penyu hijau dan penyu belimbing. Sekali panen, jumlah telurnya ribuan butir. Tapi tidak untuk dikomersilkan, melainkan untuk tujuan konservasi.

Padang lamunnya yang bening dan rimbun, membuat tamasya bawah laut di hampir semua pulau itu benar-benar mengasyikkan. Sungguh, akuarium raksasa yang menakjubkan. Jangan mengaku cinta dan kagum Aceh, kalau belum menikmati indahnya alam bahari Pulau Banyak. Banyak pulaunya, banyak pesonanya.

FOTO-FOTO: DISBUDPARPORA ACEH SINGKIL
TEKS: YARMEN DINAMIKA

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved