• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Parpol di Banda Aceh Teken Ikrar Pemilu Damai

Selasa, 25 Februari 2014 10:16 WIB
Parpol di Banda Aceh Teken Ikrar Pemilu Damai
Pimpinan partai politik (parpol) melepas burung merpati saat mendeklarasikan pemilu damai di Taman Sari, Banda Aceh, Senin (24/2/2014). Deklarasi pemilu damai yang digagas Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh ini, diikuti sebanyak 15 partai politik (parpol) peserta pemilihan umum legislatif 9 April 2014 di Kota Banda Aceh. SERAMBI/BUDI FATRIA 

BANDA ACEH - Seluruh partai politik (15 parpol) peserta Pemilu 2014 Kota Banda Aceh mendeklarasikan sekaligus menandatangani ikrar pemilu damai di Taman Sari, Banda Aceh, Senin (24/2). Deklarasi pemilu damai yang dilaksanakan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh itu bertujuan untuk menciptakan pesta demokrasi yang bersih dan lancar serta berintegritas.

Pada acara tersebut, Sekda Kota Banda Aceh Drs T Saifuddin TA MSi dalam arahannya berharap semua kontestan peserta Pemilu 2014 mengimplementasikan ikrar damai yang telah dideklarasikan, baik sebelum maupun sesudah pemilu nanti. “Kami menganggap kegiatan seperti ini sangat penting, dan kita juga berharap agar deklarasi damai ini tidak hanya di panggung ini saja,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KIP Banda Aceh Munawar Syah menyampaikan beberapa hal yang menjadi syarat demi terwujudnya pemilu yang baik secara proses dan nanti dapat diterima hasilnya. Pertama, kita mengimbau seluruh parpol agar menggunakan cara-cara yang elegan dan santun dalam meraih kekuasaan.

“Lalu kepada penyelenggara pemilu sampai jajaran paling bawah seperti PPK, PPS, dan KPPS agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik sesuai aturan yang berlaku, serta tidak berpihak. Biasanya ketidakpuasan partai politik karena kinerja penyelenggara pemilu yang tidak maksimal,” paparnya.

Ia menyebutkan, dalam pemilu nanti pemilih memiliki peran penting karena pemilihlah yang menentukan hasil. “Pemilih ini harus didorong untuk menggunakan hak suaranya tanpa dipaksa. Biarkan msyarakat bebas memilih sesuai dengan keinginannya, jangan ada intimidasi ataupun iming-iming uang sebagai imbalan. Ini juga hal penting demi terwujudnya pemilu yang bersih,” terangnya.

“Yang terakhir itu kita meminta aparat penegak hukum yaitu TNI/Polri untuk ikut berpatisipasi menjaga kondisi pemilu yang aman agar dapat berjalan lancar,” ujarnya.

Meski pelaksanaan pemilu di Banda Aceh sejauh ini berjalan aman dan lancar, lanjutnya, pihaknya menganggap tetap perlu adanya pengamanan untuk Pemilu 2014 ini. “Banda Aceh ini merupakan barometer, kalau di Banda Aceh saja tidak aman, bagaimana dengan  proses pelaksanaan pemilu di daerah yang lain. Karenanya kebersamaan dan kedewasaan parpol diharap terus dapat dibina untuk menjaga keamanan pada Pemilu nanti,” pungkas Munawar.(sr)

Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
315013 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas