Ilham Ilyas Leube Meninggal Dunia

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Seorang tokoh Gayo yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)

TAKENGON - Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Seorang tokoh Gayo yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) asal Kabupaten Bener Meriah, Ilham bin Tgk Ilyas Leube (52), meninggal dunia pada Selasa (25/2) sekira pukul 12.30 WIB karena sakit.

Politisi Partai Aceh (PA) yang tahun ini mencalonkan diri lagi sebagai caleg dari PA itu mengembuskan napas terakhir dalam perjalanan dari kediamannya di Kampung Bandar Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, menuju RSU Datu Beru, Takengon, Aceh Tengah.

Menurut kerabat almarhum, Inen Mela kepada Serambi, Selasa (25/2) siang, beberapa saat sebelum meninggal Ilham sempat tidak sadarkan diri di kediamannya, Kampung Bandar Lampahan, Bener Meriah, lalu dilarikan ke Puskesmas Pante Raya. Namun, karena kondisi almarhum telanjur kritis, maka langsung diboyong ke RSU Datu Beru, Takengon. “Setiba di rumah sakit, nyawa almarhum sudah tak lagi tertolong. Malah almarhum diperkirakan meninggal saat dalam perjalanan menuju rumah sakit,” kata Inen Mela.

Menurut Inen, Ilham Ilyas Leube sebelumnya memang memiliki riwayat penyakit, namun sebelum meninggal kondisinya dalam keadaan sehat. Bahkan beberapa jam sebelum meninggal almarhum sempat bertemu dengan sejumlah kerabatnya.

Kabag Humas Pemkab Aceh Tengah, Mustafa Kamal MPA menambahkan, baru saja dua hari lalu Ilham menyantuni 100 anak yatim dalam kegiatan Maulid Nabi Muhamamd saw yang dihadiri Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah di Takengon. “Beliau itu tokoh Gayo dan kita sangat kehilangan,” kata Mustafa Kamal.

Dari RSU Datu Beru kemarin siang, jenazah almarhum dibawa kembali ke kampungnya di Bandar Lampahan. “Mungkin almarhum akan dikebumikan di kampung ini,” sebut Inen Mela.

Sekretaris DPRA, A Hamid Zein MHum yang dikonfirmasi Serambi di Banda Aceh kemarin sore membenarkan bahwa jenazah almarhum Ilham Ilyas Leube akan dikebumikan hari ini (Rabu, 26/2) di kampungnya, Bandar Lampahan, Bener Meriah.

Ilham bin Tgk Ilyas Leube menjabat anggota Komisi E DPRA untuk periode 2009-2014 dari Partai Aceh. Pada Pileg 2014-2019, Ilham kembali maju dari partai lokal itu mewakili daerah pemilihan (Dapil) Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Almarhum meninggalkan seorang istri, Sinar Tirmiara dan tiga anak, yakni Farah Ramadhani Linge, Ghazi Zulhaq, dan Malik. Ilham merupakan putra dari almarhum Tgk Ilyas Leube, ulama terkemuka Dataran Tinggi Gayo yang pada tahun 1976 diajak bergabung oleh Dr Hasan Muhammad Ditiro sebagai Menteri Kehakiman Aceh Merdeka. Ia pula yang dipercaya Hasan Tiro mengambil sumpah kabinet pertama Aceh Merdeka yang berjumlah 15 orang. Sedangkan Ilyas Leube sendiri disumpah oleh Hasan Tiro.

Sebelumnya, pada masa pemberontakan DI/TII, Ilyas Leube juga ikut memperkuat barisan Darul Islam Aceh atas ajakan Tgk Daud Beureueh. (c35/dik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved